Diskoria Gandeng Afifah Yusuf dan Fariz RM di Single Terbarunya

Jakarta - Setelah sukses pada dua single sebelumnya, Diskoria kembali merilis single bertajuk 'Pelangi Cinta'. Lagu lawas era 80-an ini dipoles mereka ke dalam nuansa yang lebih groovy dan asyik.

Jika pada 'Serenata Jiwa Lara' mereka menggandeng Dian Sastrowardoyo, kali ini nama Afifah Yusuf, seorang solois muda yang merupakan putri dari penyanyi Hetty Koes Endang. Adapun lagu 'Pelangi Cinta' sempat dinyanyikan oleh Hetty Koes Endang di era 80-an.

Menariknya, kolaborasi ini berawal dari sebuah unggahan Diskoria di Instagram Stories yang memutarkan piringan hitam lagu dari Hediek’s Group, sebuah grup vokal pop lawas yang salah satu anggotanya adalah Hetty Koes Endang. Hal itulah yang menjadi pemantik pembicaraan tentang musik lebih jauh antara Diskoria dengan Afifah, karena tidak banyak orang yang mengetahui album tersebut.



Lagu 'Pelangi Cinta' akhirnya dirasa menjadi lagu yang tepat untuk di daur ulang oleh Diskoria dan Afifah Yusuf. Lagu ini diciptakan oleh A. Riyanto dan dipopulerkan pertama kali oleh Jamal Mirdad pada tahun 1981. Setahun kemudian, barulah lagu ini dibawakan kembali oleh Hetty Koes Endang.

Proses kreatif lagu ini dilakukan oleh Diskoria dengan dibantu oleh Imam Buana Luthfi dan Pandji Dharma, dua musisi yang pernah tergabung dalam grup elektronik, Animalism. Dalam proses kreatif tersebut, kabarnya Hetty Koes Endang pun hadir menyaksikan sesi rekaman vokal. Ini diakui sebagai hal mengejutkan bagi duet Merdi Leonardo dan Fadli Aat.

"Satu hal yang menarik lagi, ada sedikit penyesuaian lirik yang direkomendasikan oleh beliau, karena lagu aslinya dibuat berdasarkan sudut pandang pria, maka untuk versi yang dinyanyikan wanita, kita ubah sedikit susunan liriknya agar terdengar lebih feminin," tulis Diskoria dalam keterangan resminya.

Baca Ini Juga Yuk: Rangkuman Perjalanan Hidup Anjuan Julio dalam 'Human Normal'

Sementara itu Afifah Yusuf mengaku kalau lagu 'Pelangi Cinta' punya ikatan emosional dengan dirinya. Terlebih, lagu tersebut pernah dibawakan oleh seseorang yang jadi inspirasinya bermusik.

"Secara melodi dan keseluruhan konsep lagu ini sangat sesuai sebagai lagu perkenalan dari proyek kolaborasi bersama Diskoria. Ibarat permata, ini adalah permata yang tersembunyi dan layak untuk kilaukan kembali," tulis Afifah.

Polesan yang dilakukan Diskoria menjadikan lagu ini terdengar jauh lebih modern. Sentuhan kibor dan synthesizer begitu menohok diiringi tabuhan drum elektronik. Belum lagi dendangan suara Afifah Yusuf yang seolah punya identitas tersendiri di lagu ini.

Diskoria dan Afifah Yusuf berharap karya kolaborasi terbaru mereka ini bisa menjadi perbendaharaan karya pop disko yang segar di industri musik tanah air. 'Pelangi Cinta' bisa menjadi bukti tongkat estafet musik pop terdahulu, yang masih dapat dinikmati anak muda masa kini, dan tentunya sebagai lagu penyemangat di masa-masa seperti ini.


Enggak berhenti di situ, proses pengemasan single ini juga menghadirkan salah satu musisi legendaris Fariz RM. Uniknya, pada single ini, Fariz RM bertindak sebagai sutradara untuk video klipnya. Diskoria dan Afifah Yusuf melihat sosok Fariz RM sebagai seniman, yang selama ini karyanya didengar dalam bentuk audio, sehingga akan sangat menarik untuk melihat visi seorang Fariz RM dari sisi visualnya.

Menemani akhir pekanmu, "Pelangi Cinta' sudah bisa didengarkan di berbagai layanan musik digital, ya. Kalau  kamu penasaran hasil video klip garapan Fariz RM, kamu sudah bisa menontonnya di kanal YouTube Suara Disko.

Foto: dok. Diskoria

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler