Warna Baru Pamungkas Bersama Erwin Gutawa Orchestra

Bandung - Apa jadinya bila lagu dan musik dari Pamungkas diberikan sentuhan ajaib Erwin Gutawa bersama Erwin Gutawa Orchestra? Nyatanya hal ini terjadi pada Sabtu (31/10) di sebuah gelaran konser daring yang bertajuk 'A Virtual Creator Celebration'.

Pada konser daring ini, Pamungkas berkolaborasi dengan Erwin Gutawa Orchestra di beberapa lagu yang ia bawakan. Pamungkas yang dikenal sebagai solois pria dengan genre musik pop unik dan modern rasanya sudah memiliki karakter yang bagus. Pesan-pesan cinta dan musik khas Pamungkas membuat para pendengarnya semakin syahdu mendengarkan nyanyiannya.

Konser daring dibuka dengan lagu 'Modern Love' dengan aransemen yang sama seperti yang biasa Pamungkas bawakan. Belum ada improvisasi yang terlalu mencolok pada lagu pembuka ini. Tiga lagu selanjutnya yang dibawakan, yaitu 'Break It', 'Kenangan Manis', dan juga 'To The Bone' masih belum menghadirkan kolaborasi yang ditunggu-tunggu. Rasanya Pamungkas ingin melepas rasa rindunya kembali ke panggung setelah cukup lama oleh pandemi, meski kali ini masih dalam bentuk konser daring.



Baca Ini Juga Yuk: Serunya Kolaborasi Musisi di Konser Virtual Musika Foresta

Akhirnya yang dinanti hadir juga. Pamungkas memberitahukan para penonton bahwa lima lagu setelah ini akan dimainkan dengan iringan dari sang maestro Erwin Gutawa, dan juga Erwin Gutawa Orchestra. Lagu yang menjadi pembuka kolaborasi ini adalah 'Flying Solo' dengan aransemen musik klasik dari awal hingga akhir lagu tersebut. Sebuah warna baru dari musik Pamungkas yang dirasa sangat cocok, dan dapat memanjakan para penggemarnya.

Di lagu selanjutnya ada 'One Only' yang tentunya semakin syahdu dengan iringan dari berbagai alat musik orkestra yang ada. Kalau 'One Only' belum cukup syahdu, lagu selanjutnya ada 'Closure' yang aransemen orkestra sangat kental dan lebih tebal dari lagu-lagu sebelumnya. Melihat hasil karya kolaborasi musik seperti ini, sudah pasti Erwin Gutawa bukan komponis sembarangan.

Satu lagu sebelum penutup, ada lagu 'Higher Than Everything' yang punya warna musik lebih pop dibanding lagu Pamungkas lainnya. Namun setelah diiringi oleh Erwin Gutawa Orchestra, unsur pop tersebut tidak hilang atau tertutup musik klasik, tapi dapat bersatu padu dan memberikan warna baru.

Akhirnya, konser daring ini ditutup dengan lagu yang melambungkan namanya di industri musik Indonesia, yaitu 'I Love You But I’m Letting Go'. Lagu ini ditampilkan dengan aransemen musik klasik secara penuh, dan sesuai dugaan lagu ini menjadi semakin enak didengar dan tidak ada perubahan karakter sama sekali dari nyanyian Pamungkas.

Di bagian akhir ditutup dengan improvisasi dari Pamungkas dengan solo gitarnya dan juga Erwin Gutawa Orchestra yang menaikkan tempo musiknya. Sungguh, konser daring ini adalah kolaborasi yang sangat menarik dan sungguh sayang bila terlewatkan.

Bentuk visual yang dihadirkan pada konser kolaborasi ini juga cukup unik, di mana Erwin Gutawa sebagai konduktor dan Erwin Gutawa Orchestra ditampilkan masing-masing wajahnya di layar besar di belakang Pamungkas. Konsep yang seakan-akan membuat seluruh orkestra hadir dan mengisi panggung bersama dengan Pamungkas.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, sayang bila TemanBaik sempat terlewat konser kolaborasi yang menarik ini. Tapi jangan bersedih hati, bagi konser daring 'A Virtual Creator Celebration' akan hadir dengan VOL. 02 pada Sabtu (7/11) nanti. Musisi yang hadir ada Tulus berkolaborasi dengan Hasna Mufida, juga Erwin Gutawa Experience. Catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan ya, TemanBaik!

Foto: Tangkapan Layar 'A Virtual Creator Celebration'

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler