Ngayogjazz Kembali Digelar Tahun Ini dalam Format Daring

Yogyakarta - TemanBaik, ada kabar gembira buat kalian, nih. Ngayogjazz segera kembali digelar! Kali ini, Ngayogjazz telah memasuki tahun keempat belasnya. Selama perjalanannya, Ngayogjazz telah berkembang melebihi harapan dari para penggagasnya. Banyak hal yang telah tercapai dan masih ingin dikembangkan lebih jauh lagi, terutama jika menyinggung soal tontonan bagi semua kalangan, membentuk masyarakat pendukung produk seni, serta investasi kultural.

Namun, Ngayogjazz 2020 bakal sedikit berbeda dari perhelatan di tahun-tahun sebelumnya. Terkait dengan situasi dan kondisi akibat pandemi COVID-19 yang hingga kini masih belum usai, tahun ini Ngayogjazz hadir dengan format yang berbeda, yakni format daring! Di manapun kalian berada, TemanBaik dapat mengakses dan menikmati seluruh rangkaian kegiatan Ngayogjazz 2020, mulai dari Lekasan (pra-acara) hingga acara utama yang digelar spesial selama 3 hari (19-21 November 2020) melalui situs web www.ngayogjazz.com.

"Ada beberapa keuntungan jika Ngayogjazz hadir dalam format daring, karena jangkauan kita bisa jadi lebih luas, waktu kita juga jadi lebih efektif, dan akhirnya akan ada dokumentasi-dokumentasi yang bisa terus ditonton setiap saat, baik di kanal media Ngayogjazz sendiri maupun di sosial media pelaku lainnya," ujar Vindra Diratara selaku Board of Creative Ngayogjazz dalam konferensi pers pada hari Senin (16/11) di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center.

Baca Ini Juga Yuk: 'Angklung Pride 10', Kolaborasi Angklung dengan Musisi Independen

Selain menampilkan live streaming konser musik, situs web Ngayogjazz juga akan menampilkan peta ilustrasi lokasi gelaran Ngayogjazz, sehingga TemanBaik dapat memilih dan mengakses panggung yang ingin disaksikan, serta berbagai informasi dan atraksi lainnya. Ngayogjazz berupaya melakukan hal ini demi menghadirkan suasana Ngayogjazz seperti yang biasanya TemanBaik rasakan jika via luring seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini, Ngayogjazz 2020 mengusung tagline 'Ngejazz Tak Gentar' yang terinspirasi dan plesetan dari lagu 'Maju Tak Gentar', gubahan Cornel Simanjuntak. Ngayogjazz mengingatkan kembali melalui musik (khususnya jazz), agar masyarakat Indonesia bersatu dan bersama-sama bahu-membahu menyelesaikan tantangan yang ada saat ini. Tema ini juga dipilih sebagai upaya Ngayogjazz dalam menjawab dan menghadapi tantangannya untuk terus mencari cara agar tetap bisa berinteraksi dengan TemanBaik.

"Tahun ini, kami merancang 3 agenda. Pertama, launching situs web Ngayogjazz pada tanggal 19 November 2020. Penonton akan kami perkenalkan dengan sistem untuk masuk ke Ngayogjazz-nya. Semoga mempermudah para pengguna. Kemudian, pada tanggal 20 November 2020 kami akan mempertontonkan sebuah film pendek yang akan menampilkan kesenian tradisional dusun Karang Tanjung, Desa Pendowoharjo, Ngaglik, Sleman," ungkap Vindra.

Acara puncak Ngayogjazz digelar pada tanggal 21 November 2020 berupa Konser Daring Ngayogjazz yang akan disiarkan langsung dari Dusun Karang Tanjung, Desa Pendowoharjo, Ngaglik, Sleman. Sederet penampil yang akan memeriahkan, antara lain Bonita & Adoy bersama Denny Dumbo dan Silir Wangi, KuaEtnika, White Shoes & The Couples Company, Nationaal Jeugd Jazz Orkest and Ruben Rein (Belanda), dan masih banyak lagi. Catat tanggalnya dan tonton lewat situs web www.ngayogjazz.com ya, TemanBaik!

Foto: Hanni Prameswari/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler