Bella Fawzi dan Asteriska Hadirkan Sisi Lain Tokoh Rahwana

Jakarta - Penyanyi Bella Fawzi baru saja memperkenalkan single 'Ratapan Rahwana'. Lagu ini merupakan salah satu bagian dari mini album 'Kembali ke Akar' dan menampilkan Asteriska sebagai kolaborator.

Ide berkolaborasi inipun muncul saat Bella merekam lagu 'Ratapan Rahwana'. Saat itu, Bella merasa kalau Asteriska punya karakter vokal yang unik dan berkarakter sehingga dirinya mencoba untuk meminta penyanyi yang akrab disapa Icil untuk berduet dengannya. Ternyata, permintaan tersebut disambut dengan baik. Kabarnya pula, Asteriska memang sudah pernah membuat lagu pertama untuk Bella yang berjudul 'Rama Shinta' dan telah rilis pada tahun 2018 silam.

Melalui keterangan resminya, Bella menyebut kalau lagu ini mengangkat sosok antagonis dalam tokoh pewayangan Ramayana. Lebih dari itu, rupanya ada maksud tersendiri dari Bella untuk mengangkat Rahwana dalam lagu ini.

"Lagu ini menceritakan sisi melankolis dari Rahwana. Di cerita 'Ramayana' kita selalu lihat Rahwana sebagai sosok antagonis, padahal mungkin di balik itu dia punya sisi lain. Dapat mencintai, dan tersakiti karena Cinta. Sebagai contoh, saat dia mencintai Shinta, Rahwana tahu cintanya bertepuk sebelah tangan, karena Shinta hanya untuk Rama," jelas Bella.



Baca Ini Juga Yuk: Ngayogjazz Kembali Digelar Tahun Ini dalam Format Daring

'Ratapan Rahwana' hadir dalam format musik pop akustik yang cukup minimalis. Praktis, hanya ada gitar akustik, perkusi, dan biola yang menjadi instrumen yang membalut vokal Bella dan Asteriska. Ritmis perkusif pada lagu ini, seolah membangkitkan gaya musik India, namun, itu tak muncul seutuhnya sebab baik Bella maupun Asteriska masih menampilkan karakter vokal aslinya alias tak "meng-Indiakan diri".

Di sepertiga bagian akhir, barulah Asteriska muncul. Benar, kehadiran Asteriska memberi warna tersendiri di lagu ini. Pemilihan tiap langgam nada mengingatkan kita pada lagu-lagu era awal 2000-an, namun sajian aransemen musik minimalis inilah yang membuat 'Ratapan Rahwana' tak "sejadul" judul lagunya.

Lagu 'Ratapan Rahwana' ini juga hadir dalam format video klip. Kabarnya, Bella mempersiapkan proses kreatif pembuatan video klip ini selama kurang lebih 1 bulan. Waktu yang relatif lama tersebut diperlukan karena Bella ingin menggabungkan konsep etnik budaya Indonesia dan India. Tengok saja, dalam video musik dihadirkan sosok Rahwana yang menarikan tari Bharatanatyam dari India Selatan, sementara Shinta menarikan tari Kathak dari India Utara. Kostum yang digunakan Bella dan Asteriska dalam video musik inipun merupakan gabungan dari konsep tersebut. Bella mengenakan kebaya dengan headdress Bali, sementara Asteriska menggunakan Batik dan atasan hitam.

TemanBaik, sudah dengarkan kolaborasi Bella Fauzi dan Asteriska dalam lagu ‘Ratapan Rahwana’ belum? Lagu dan video klipnya sudah tersedia di berbagai layanan pemutar musik kesayanganmu, ya!

Foto: dok. Bella Fawzi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler