Math-Rock yang Menyenangkan dalam Debut EP Hulica

Bandung - Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya grup musik Hulica merilis mini album perdananya bertajuk 'How to Destimate Your Departure on The Ocean Floor'. Ini menjadi salah satu mini album keren yang sayang banget untuk kamu lewatkan!

Ada enam lagu yang mereka sajikan dalam mini album ini. Tiga dari enam lagu sudah dirilis pada kesempatan sebelumnya, antara lain 'Hokkaido Electrone Girl' (2019), 'The Soldiers That Generations' (2019), dan 'An Imperfect Mangrove Pt. 1' (2020).

Mengusung konsep musik math-rock dengan isian vokal yang juga punya unsur emo, mendengarkan lagu-lagu di album ini seolah membawa kita ke skena musik independen di antara penghujung dekade 2000-an hingga awal 2010-an. Unsur kerumitan yang dibangun dari ketukan drum, tapping-an gitar dan beberapa bagian progresi yang 'twingkly' khas band-band emo Amerika, serta keselarasan dari bebunyian instrumen yang seolah berjalan masing-masing ini membentuk harmoni yang asyik juga untuk didengarkan. Oh ya, jangan lupa, secara tipis-tipis ada juga unsur bebunyian instrumen yang menghidupkan nuansa post rock.

Baca Ini Juga Yuk: Obati Kerinduan, Mikha Angelo Rilis Audio Konser Daringnya

Dalam keterangan resminya, Hulica juga menjelaskan kalau beberapa lagu yang ada pada mini album ini merupakan buah karya dari gitaris mereka terdahulu, Erwin Zakaria, yang memutuskan untuk hengkang. Lalu kemudian materi-materi tersebut dikembangkan oleh Yana Setya Nugraha sebagai gitaris baru dengan melakukan eksplorasi lebih jauh lagi, sehingga pada akhirnya menciptakan karakter baru dari musik yang dibawakan Hulica itu sendiri.

"Tidak ada tema khusus yang diusung dalam EP ini, karena hulica membawakan narasi cukup luas, mulai dari keresahan personal terhadap masa depan, percintaan, hingga ketidakpastian dalam sebuah hubungan," tulis Hulica dalam keterangan resminya.

Mereka juga mengakui kalau dalam proses kreatif pembuatan mini album ini, mereka banyak terinspirasi oleh band-band math-rock Jepang serta Amerika, baik dari segi sound maupun permainan. Narasi-narasi tersebut kemudian dibungkus dengan judul yang diakui mereka terinspirasi dari bagian akhir lagu 'An Imperfect Mangrove, Pt. I'.

Sebagai pengingat, sepanjang kiprahnya di belantika musik, Hulica telah beberapa kali berkesempatan untuk bermain bersama berbagai band internasional yang melakukan tur ke Indonesia. Antara lain, Falls (Jepang), Forests (Singapura), serta Chinese Football (Cina).

Saat ini, mini album 'How to Destimate Your Departure on The Ocean Floor' telah tersedia di berbagai layanan pemutar musik digital. Selain itu, mereka juga merilis mini album ini dalam format CD, yang bisa kamu dapatkan dengan menghubungi pihak manajemen mereka, yaitu Haum Entertainment. Selamat mendengarkan!

Foto: Dok. Hulica

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler