Nostalgia Pop 90-an Lewat Lagu Ganda Space Comma Space

Jakarta - Unit pop alternatif asal Jakarta, Space Comma Space merilis lagu ganda (double single) 'A Deeper Blue' dan 'I Spring to You'. Lewat karya terbarunya ini, mereka coba mengajak pendengarnya untuk merenungi waktu.

Double single rilisan grup musik yang dibentuk oleh Adil Akbar sebagai penyanyi penulis lagu dan Adiguna Palinrungi sebagai multi-instrumentalist ini seolah membawa ingatan kita pada musik pop Inggris era 90-an. Tak perlu ditanya lagi, secara musik, mereka menghadirkan kembali pop alternatif ala The Cure, Morrissey, atau Radiohead.

Hentakan drum yang khas, dibalut bebunyian gitar elektrik dengan efek ruang atau reverb yang begitu kental bisa kita dengarkan begitu menohok pada dua lagu ini. Pembawaan vokalnya pun enggak lepas dari efek gema yang membawa kita terbang ke dua dekade silam. Untuk pendengar musik pop Inggris era tersebut, rasanya double single ini akan begitu cepat akrab dengan telingamu.



Baca Ini Juga Yuk: Gerhana di Konstelasi Ophiuchus dalam Single Baru Monica Hapsari

Meski begitu, mereka juga coba "membungkus" tema lagu yang relevan dengan keadaan yang cukup populer di tahun ini, yaitu kegelapan. Oleh karenanya, lirik dalam double single ini seolah mencerminkan kegelapan dan dibalut dengan musik yang terkesan 'dingin' dan seolah ingin memberontak.

"Dari segi lirik, kami masih berkutat pada renungan akan waktu. Kami coba merespons berjalannya waktu yang cepat dengan kefrustasian dan amarah," tulis Space Comma Space dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut lagi, mereka menyebut keputusan untuk menggabungkan kedua lagu dalam paket double single datang dari kesatuan tema dalam lirik. Sebut saja 'A Deeper Blue'. Lagu dan lirik yang ditulis oleh Adil Akbar pada 2018 ini berkisah tentang seorang pria yang terlalu tergesa-gesa dalam mendekati pujaan hati, sehingga segala rencana dan ekspektasi yang ia bangun runtuh sebelum terlihat hasilnya.

Sementara itu 'I Spring to You' bercerita tentang waktu dengan pendekatan konseptual, atau lebih spesifiknya lagi tentang waktu yang selalu berganti dan bagaimana manusia selalu beradaptasi dalam menyikapi musim-musim yang berganti. Lagu ini ditulis oleh Adil Akbar dan Adiguna Palinrungi.

Merilis karya dengan format double single bukan hal yang pertama dilakukan Space Comma Space. Pada Oktober 2020 silam, mereka juga melakukan hal yang sama dengan 'Pale in Time' dan 'Loveless Malaise'. Double single sebelumnya ini memang punya nuansa lebih gelap ketimbang yang baru dirilis.

Dan saat ini,  'A Deeper Blue' dan 'I Spring to You' telah tersedia di berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mendengarkan dan selamat bernostalgia, TemanBaik!

Foto: dok. Space Comma Space/Bagas Gunawan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler