'Bee et La Plue', Lagu Madame Juteq untuk Anak yang Takut Hujan

Bandung - Penyanyi dan penulis lagu Madame Juteq baru saja merilis single berjudul 'Bee et La Pluie' (atau 'Bee’s Rainy Adventure'). Lagu ini bisa menjadi alternatif daftar putar musikmu, sebab musik dan liriknya yang unik.

Lagu 'Bee et La Pluie' menceritakan tentang seorang anak yang takut hujan. Ini mengingatkan kita pada lagu 'My Favourite Thing' yang dinyanyikan oleh tokoh Maria dan anak-anak Von Trapp dalam salah satu film terlaris sepanjang masa 'The Sound of Music' pada tahun 1965. Lagu tersebut berkisah tentang sederetan hal remeh-temeh yang membuat hati senang demi mengalihkan ketakutan akan gemuruh hujan dan petir

Nah, lagu 'Bee et La Pluie' diakui oleh Madame bertema mirip 'My Favorite Things'. Namun dalam lagu ini diceritakan bahwa ia kemudian lupa karena diajak bertualang ke negeri indah yang bersimbah matahari, pelangi, dan dongeng. Madame sengaja menulis lirik dalam bahasa Prancis karena menurutnya bahasa ini lebih bernada.

"Anak-anak tidak peduli bahasa dalam sebuah lagu. Kalau melodinya mereka suka, mereka akan bisa mendendangkan tanpa tahu artinya," jelasnya. 

Meski liriknya mayoritas ditulis dalam bahasa Prancis. Namun, ada bagian lagu ini yang juga dinyanyikan dalam bahasa Inggris agar para pendengar di Indonesia dapat lebih mengerti liriknya dan ikut bernyanyi. Uniknya lagi, melodi lagu ini pertama kali ditulisnya ketika bersekolah di Lyon pada 2003. Kesibukan membuatnya melupakan lagu itu, hingga berbelas tahun kemudian ia merasakan puncak kejenuhan pandemi pada Oktober 2020. 



Baca Ini Juga Yuk: ‘Serta Mulia’, Ucapan Perayaan Hari Spesial dari Sal Priadi

Dalam proses kreatifnya, Madame menggandeng mantan pianis The Groove, Ali Akbar Sugiri. Dengar saja, secara musikal, kita bisa mendengar pola ritmis jaz dan selipan pola melodi dari klarinet yang ringan dan mudah dikenali. Lagu ini terdengar riang, tak lepas dari tipikal lagu-lagu Prancis yang memasukkan unsur klarinet dan strings.

Selain dirilis dalam format audio, lagu ini juga rilis dalam format video animasi di YouTube. Madame menggandeng Astu Prasidya, seorang animator asal Malang. Video animasi yang dipenuhi banyak warna diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada anak-anak untuk mempunyai daya imajinasi yang tinggi walaupun berada di keadaan yang kurang mengasyikkan.

Melalui keterangan resminya, Madame berharap single perdananya inu dapat membawa angin segar dan menyediakan alternatif unik bagi pecinta musik di Indonesia. Di sisi lain, ia juga mengharapkan video klip pada lagu ini dapat memberikan suatu suguhan yang bermanfaat, khususnya bagi anak-anak yang saat ini lebih banyak mengakses dan menghabiskan waktu di depan gawai.

"Butuh 17 tahun dan pandemi yang melumpuhkan dunia untuk membuat saya teringat lagi dengan lagu itu. Dulu saya tidak yakin karya itu akan bisa diterima masyarakat. Sekarang saya tidak terlalu peduli dengan penerimaan, yang penting karya-karya saya jujur dan saya sendiri menyukainya. Itu saja  sudah cukup. Tapi tentunya saya juga berharap ada yang bisa ikut tersentuh mendengar single ini," ujarnya.

TemanBaik, saat ini kamu bisa mendengarkan lagu ‘Bee et La Pluie’ di berbagai layanan pemutar musik digital dan menonton video klipnya di YouTube. Selamat memulai aktivitas, ya!

Foto: Dok. Madame Juteq

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler