Fajar Merah Tampilkan 'Puisi untuk Adik' dalam Bentuk Musik

Yogyakarta - Musisi Fajar Merah bakal merilis lagu baru berjudul 'Puisi untuk Adik'. Lagu ini merupakan representasi karya puisi sang ayah, Wiji Thukul, ke dalam bentuk musik.

Dalam keterangan resminya, Fajar menjelaskan alasannya memilih karya ini untuk dijadikan lagu, yaitu karena merasa di kesehariannya sering berhadapan dengan orang yang berjuang keras menghadapi kehidupan. Ia sempat merasa bingung dengan kondisi sekarang, apa yang harus dilakukan untuk bertahan hidup.

"Apalagi sekarang lagi pandemi, tiap orang merasakan hal yang sama dalam berjuang mempertahankan keluarga-nya masing-masing" ungkap Fajar.

Lagu ini bakal dirilis pada 26 Februari 2021 mendatang, namun Beritabaik.id punya kesempatan mendengarkan materi lagu ini terlebih dulu. Secara musikal, dalam lagu ini Fajar mengusung gaya musik pop balada dengan sentuhan gitar akustik dan iringan kibor yang begitu sederhana. Sesekali, bebunyian melodi dari alat slide dan gitar elektrik menghidupkan nuansa pada lagu ini.

Dari segi progres akor, pemilihan nada, dan aransemen, kita seperti diingatkan pada nuansa musik independen era awal dekade 2010-an yang begitu sederhana. Boleh jadi, setelah rilis nanti, ‘Puisi untuk Adik’ bakal begitu digemari, khususnya oleh penggemar Wiji Thukul.



Baca Ini Juga Yuk: 'Bee et La Plue', Lagu Madame Juteq untuk Anak yang Takut Hujan

Lebih lanjut, Fajar mempunyai formula khusus ketika menginterpretasikan puisi ke dalam lagu-nya. Ia mencoba merancang agar lagu itu bisa berjalan progresif, meminimalisir repetisi kalimat yang sama pada umumnya. Hal ini dilakukan karena puisi biasanya hanya berjalan satu alur saja. Bagi Fajar, tantangan dalam proses kreatifnya adalah bagaimana membuat lagu tersebut tidak membosankan dan tanpa repetisi walaupun hal tersebut diakuinya sulit untuk dihindari.

"Bagaimana untuk tetap mempertahankan esensi kalimat orisinal yang banyak diubah," terangnya.

Harapan Fajar untuk lagu ini sederhana. Ia berharap ketika mendengarkan lagu ini, setiap orang bisa saling membantu, saling mendukung untuk melewati masa susah.

"Apapun yang terjadi, jangan cuma pasrah. Berbuatlah sesuatu, se-sepele mungkin yang bisa bermanfaat buat kita, misalnya membuat karya," tutupnya.

Proses rekaman single ini dimulai November 2020 dan baru kelar Januari 2021 di Pregnant Pause studio, Solo. Di sela-sela sesi rekaman, Fajar kemudian bertemu dengan Bandizt (Shaggydog) yang menawarkan diri menjadi produser. Obrolan ngalor ngidul yang kemudian berujung pada realisasi rekaman ini setelah beberapa rencana mereka sebelumnya gagal tercapai.

Bekerjasama dengan DoggyHouse Records, single ‘Puisi untuk Adik’ akan tersedia di layanan pemutar musik digital mulai 26 Februari 2021. Sebagai catatan pula, pada hari rilis lagunya hari Jum’at atau lusa, Fajar Merah akan melakukan siaran langsung di kanal YouTube channel Fajar Merah Official mulai pukul 19.00 WIB bekerjasama dengan CitraNet.

Catat tanggalnya ya, TemanBaik. Dan jangan sampai terlewatkan.

Foto: Dok. Fajar Merah/DoggyHouse Records

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler