Direct Action Hadirkan Konsep Surealis dalam Video Klip Terbaru

Jakarta - Sebuah grup musik dengan genre elektronik rock bernama Direct Action baru saja merilis sebuah video klip dalam bentuk animasi untuk single mereka yaitu 'Seventh'. Grup yang digawangi oleh Joseph Saryuf dan Tyo Nugros ini merilis video klip tersebut pada Selasa, (23/2) di bawah naungan Sinjitos Records.

Konsep animasi dalam video klip lagu 'Seventh' ini cukup unik, karena menggunakan konsep visual yang surealis dalam penggambarannya. Video klip ini merupakan hasil kerja sama mereka dengan sutradara Aria Wijaksana.

"Konsep animasi dengan gaya surealis memang sengaja dipilih guna menjadi representasi visual terbaik dari pesan yang ada di dalam lagu 'Seventh' sendiri, dimana Joseph Saryuf dan Tyo Nugros membicarakan tentang harapan akan masa depan yang baik dan kadang terdistorsi oleh keadaan dunia yang sedang 'gelap'. Gelapnya dunia bukan berarti kegelapan dari harapan kita sendiri," tulis Direct Action dalam rilis resminya.

Musik elektronik rock ditambah video klip dengan konsep visual surealis rasanya sangat cocok dipadukan dalam lagu 'Seventh'. Lewat konsep ruang dan waktu dan banyak simbol-simbol pada video klip tersebut, semakin menggambarkan bagaimana musik elektronik ketika diberi distorsi-distorsi dari musik rock.



Baca Ini Juga Yuk: Fajar Merah Tampilkan 'Puisi untuk Adik' dalam Bentuk Musik

Pemilihan warna pada video klip ini juga menjadi salah satu nilai plus. Dengan warna-warna pastel, ditambah efek-efek 'grainy' semakin mempertebal konsep surealis yang ingin dihadirkan Direct Action dalam video klip ini.

"Video klip resmi dari lagu 'Seventh' ini adalah salah satu mahakarya yang terwujud dari konsep ruang dan waktu, dimana di sini terdapat banyak ornamen simbolik dari mulai bentuk, gestur, serta tulisan yang berfungsi menjadi sebuah pesan terselubung yang beragam melalui interpretasi setiap individu yang melihatnya," tulis Aria Wijaksana dalam rilis resminya.

Selain sutradara Aria Wijaksana, konsep ini juga dibantu oleh Direct Action sendiri. Ditambah bagian pemilihan talent oleh  Maria Augy dan seniman digital Ilham Rambe. Lewat kolaborasi merekalah akhirnya hadir video klip animasi dari 'Seventh' ini.

Dari segi musik, Direct Action punya cerita sendiri yang ingin mereka berikan kepada para pendengar. Musik elektronik dengan distorsi rock mungkin sedang marak, tapi Direct Action mencoba membungkusnya dengan gaya mereka sendiri. Tak dominan di elektronik, dan tak dominan juga di rock, ‘Seventh’ merupakan contoh keseimbangan dari kolaborasi dua genre tersebut.

Sayangnya, warna pada musik dan lirik pada lagu ini kurang dimainkan oleh Direct Action, sehingga lagu berdurasi 5 menit 11 detik ini terasa monoton. Meski begitu, lagu ini cocok didengarkan TemanBaik sebagai teman ketika sedang bekerja atau pun mengerjakan tugas.

Lagu 'Seventh' adalah lagu keempat dari dari semua lagu yang pernah dirilis oleh Direct Action, dan lagu ini bisa TemanBaik dengarkan secara eksklusif lewat layanan musik digital JOOX. Jangan lupa juga saksikan video animasinya pada kanal YouTube SINJITOS. Semoga TemanBaik suka, ya!

Foto: dok. Direct Action

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler