Musik Hip Hop dan Syiar Agama dalam Lagu 'Dunia Fana'

Bandung - Rapper asal Gorontalo Ecko Show merilis sebuah single berjudul 'Dunia Fana'. Menariknya, ia menggandeng seorang ustaz yang merupakan mantan personel Betrayer yakni Derry Sulaiman.

Konsep musik yang disajikan pada lagu ini seolah menjadi elaborasi antara gaya "barat" dan "timur". Dibuka dengan bebunyian instrumen dengan nada timur tengah, vokal Ecko kemudian mendobrak melantunkan lirik penuh pesan. Aransemen keseluruhan lagu ini menampilkan repetisi atau pengulangan bagian lagu yang sama.

Menariknya, ada satu bagian di mana terdapat narasi ceramah yang dibalut musik R&B. Konsep ini cukup menarik, karena boleh jadi enggak terpikirkan oleh beberapa musisi dengan lagu religi. Pembawaan narasi siar ini melibatkan Derry Sulaiman. Ia adalah seorang ustaz yang merupakan mantan personel band metal asal Jakarta, Betrayer.

"Melihat situasi Indonesia pada saat ini yang sedang dilanda banyak bencana dan cobaan, membuat saya tertarik untuk membuat lagu ini dan merilisnya di bulan Ramadhan, untuk mengingatkan bahwa kita jangan sampai terlalu terbawa dalam kehidupan duniawi saja," ujar Ecko mengenai makna dari lagu ini.



Baca Ini Juga Yuk: Gandeng Fotografernya, Shaggydog Rilis Cendera Mata Keren!

Kolaborasi dengan Ustaz Derry Sulaiman juga menjadi pengalaman berharga dan pertama baginya. Ia mengaku, Derry adalah sosok yang cukup dihormatinya dengan penyampaian siar agama yang baik.

Proses penggarapan lagu ini juga dilakukan begitu cepat, karena dimulai pada Maret 2021. Lagu yang menawarkan sinopsis cerita tentang kehidupan duniawi yang tidak kekal ini juga bakal tayang dalam format video klip. Kabarnya, video klip dari lagu ini bakal menampilkan kebesaran Tuhan lewat keindahan alam Gorontalo yang belum banyak diketahui orang, dan juga menampilkan potret kehidupan sehari-hari masyarakat di sana.

TemanBaik, sajian musik asyik dan baru dari lagu ‘Dunia Fana’ sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Semoga bisa menemani akhir pekanmu, ya!

Foto: Dok. Ecko Show

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler