Mimpi dan Kesendirian Elephant Kind Menuju Album Tiga

Jakarta - Unit pop hybrid asal Jakarta Elephant Kind merilis single 'Modern Romance Dreaming (Lonely)'. Single ini disebut sebagai pembuka jalan mereka menuju album ketiga yang sudah diberi judul Superblue.

Melalui lagu ini, Elephant Kind coba mengisahkan rasa sepi. Lirik yang ditulis oleh Bam mengisahkan cerita seseorang yang menemukan kesepian sebagai suatu kebebasan bukan hal yang mengengkang. Sesuai judulnya, lagu ini juga menggambarkan bagaimana orang-orang pada masa modern ini bisa jatuh cinta terhadap seseorang secara virtual. Hal ini juga disoroti sebagai sesuatu yang banyak orang rasakan, terutama pada masa karantina wilayah atau lockdown, belum lama ini.

Secara musikal, lagu ini seolah membawa pendengarnya ke alam mimpi lewat sentuhan bunyi instrumen elektronik. Sajian instrumen yang kental akan unsur hipnotiknya ini terinspirasi dari musik pop khususnya pop elektronik tahun 80-an. Lewat sentuhan itu pula, Elephant Kind menunjukkan keseriusannya dalam mengeksplorasi berbagai musik pop.

"Waktu itu nulis drafnya iseng di rumah dan isinya hanya synth dan drum nya saja. Kirim dan nanya ke anak-anak, kira-kira bisa masuk ke album ketiga kah draft ini. Gak lama kemudian Bam respon dan bilang mungkin bisa deh, akhirnya dikirim draf lengkapnya ke Bam untuk ditulis liriknya sekaligus dimasak lagi." ujar Kevin menerangkan proses kreatif pembuatan lagu ini.


Baca Ini Juga Yuk: 'Under The Sun', Sensasi Konser 360 Derajat dari Post Human

Berbeda dengan proses penggarapan lagu-lagu pada album Elephant Kind yang sudah dirilis, ini pertama kalinya dua personel Elephant Kind, Kevin dan Bayu banyak terlibat di proses penulisan album ketiga. Wah, patut dinantikan nih. Sebab, belakangan ini dominasi Bam Mastro terasa begitu menohok dalam band ini.

Bam juga begitu antusias menanggapi ide awal dari rekan bermusiknya. Menurut Bam, proses kreatif penggarapan lagu ini membuatnya dapat pengalaman baru.

"Ketika dengar draf yang dikirim oleh Kevin, gak sampai 20 detik kata 'lonely, i’m so lonely' beserta melodinya langsung keluar dari kepala tanpa dibuat-buat. Sering sebenarnya nulis lagu dengan tema kesepian tapi baru kali ini ada kata se-straightforward itu di bagian chorus." jelas Bam.

Album 'Superblue' yang sedang digarap juga dianggap sebagai penyelamat bagi Elephant Kind. Mereka tak menampik, andai album ini tak digarap, boleh jadi saat ini mereka sedang sibuk masing-masing. Ya, sebab terpaan pandemi membuat Elephant Kind kehilangan banyak sekali kegiatannya di bidang musik.

TemanBaik, saat ini single ‘Modern Romance Dreaming (Lonely)’ sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Semoga bisa menemani jika harimu sedang sepi, ya!

Foto: Dok. Elephant Kind/photo by Hillarius Jason

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler