'Perjumpaan Kita', Kolaborasi Candra Darusman dan Dian Sastro

Bandung - Candra Darusman memperkenalkan lagu terbarunya berjudul 'Perjumpaan Kita'. Candra menggandeng nama Dian Sastrowardoyo sebagai kolaborator dalam lagu ini.

Enggak hanya itu, sejumlah nama musisi lintas generasi juga dilibatkan dalam proses kreatif penggarapan lagu ini. Ada nama Oele Pattiselano (gitar), Iwan Wiradz & Revie Pongoh (perkusi), Donny Koeswinarno (flute), Odi Purba (bass), Ivan Alidyan (keyboards), Ranya Badudu (Backing vocals) Nikita Dompas (gitar) dan Irsa Destiwi (piano).

Melalui keterangan resminya, Candra menceritakan lagu ini adalah bentuk kegembiraan dari situasi sebuah perjumpaan antara dua orang. Namun secara semangat, lagu ini juga menyiratkan sebuah pertemuan dua dunia kreatif yang berbeda, yakni perjumpaan dan sinergi karya antara Candra Darusman seorang musisi dengan Dian Sastrowardoyo yang merupakan seorang aktris film.

Secara musikal, 'Perjumpaan Kita' menawarkan gaya jaz dengan sentuhan irama samba khas Brazil. Sepintas, kita akan mendengar isian piano seperti mendominasi aransemen lagu ini. Namun, jika didengarkan secara seksama, lagu ini punya aransemen yang komplit, kompleks, dan menarik.

Tiap instrumen seolah diberi giliran untuk menonjolkan dirinya. Bagian interlude lagu juga menampilkan beberapa versi yang diisi oleh flute, piano, gitar, hingga vokal Candra dan Dian.

Irama samba Brasil dipilih karena penciptaan lagu ini beranjak dari struktur akor dan melodi yang ditulis Candra. Sedangkan samba dan brazilian yang merupakan salah satu aliran musik favorit Candra, yang dikenal memainkan beragam sub-genre musik jazz dan pop.


Baca Ini Juga Yuk: 'Samar', Debut Single dari Unit Pop Alternatif Aidoaudio

Lebih lanjut, Candra menyebut lagu ini merupakan perwujudan semangat memajukan negeri melalui kampanye hak cipta melalui kesenian. Singkatnya, melalui hak cipta S.E.N.I, ia mengajak pelaku seni untuk menjaga negeri.

"Karena salah satu esensi seni adalah membentuk karakter yang diperlukan agar bangsa Indonesia dapat hidup dalam harmoni yang salah satu sikapnya adalah dengan menghormati karya orang lain," ungkap Candra. 

Bukan Sekadar Kolaborasi Musik
Kolaborasi ini bukan sekadar kolaborasi musik atau lintas profesi. Di balik itu semua, baik Candra maupun Dian seolah menampilkan pesan lain yang mereka sebut sebagai misi memasyarakatkan semangat penciptaan karya musik, dan juga PP 56/ 2021 tentang Pengumpulan Royalti. 

Dalam sesi dan proses kolaborasi ini, Dian Sastrowardoyo juga mengajak Candra Darusman untuk turut memperhatikan hak cipta dunia perfilman di mana ajakan ini langsung disanggupi oleh Candra yang selama ini memfokuskan perhatiannya ke hak cipta musik dan buku.

Sebagai ekspresi dukungan semangat penciptaan karya musik, Candra Darusman dan Dian Sastrowardoyo juga bersepakat untuk mendonasikan sebagian royalti lagu Perjumpaan Kita bagi upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kepatuhan hak cipta seni musik dan film, termasuk jenis seni lainnya melalui Pundi Fesmi (Federasi Serikat Musik Indonesia) yang juga diketuai Candra Darusman.

Terkait keterlibatannya dalam lagu ini, Dian mengaku sangat terhormat dapat berkolaborasi dengan sosok Candra Darusman. Meski sempat tak percaya diri untuk berkolaborasi, akhirnya Dian menerima ajakan tersebut karena melalui kolaborasi ini. Menurutnya, ada satu nilai baik yang dilakukan dalam proses perilisan lagu ini, yakni memasyarakatkan semangat penciptaan karya musik dan juga tentang Pengumpulan Royalti.

"Saya jawab tantangan Mas Candra berduet juga karena lagunya enak banget, berirama brazilian yang riang dan sangat cocok untuk menghibur serta memberi semangat teman-teman yang sedang berada di masa-masa penuh tantangan ini," ungkap Dian.

Ia juga berharap semangat berkarya Candra Darusman bisa menjadi penyemangat para seniman dan pencipta lainnya. Terlebih jika melibatkan lintas profesi seni yang dilakukan Candra bersama Dian.

Lagu ini kemdian bakal menjadi bagian dari album berjudul 'Detik Waktu #2 - Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman' yang diproduksi oleh Signature Music Indonesia. Album ini merupakan sebuah album berisi lagu-lagu karya cipta dari Candra Darusman dan merupakan sebuah kelanjutan dari album yang dirilis sebelumnya di tahun 2018, yakni 'Detik Waktu'.

TemanBaik, saat ini 'Perjumpaan Kita' sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Semoga bisa menjadi penyemangatmu menyambut akhir pekan, ya.

Foto: Dok. Candra Darusman/Signature Music Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler