Aksi Baik Pelaku Musik untuk Sesama Lewat 'Warga Bantu Warga'

Bandung - Jadi rockstar dan punya ribuan penggemar enggak bikin sejumlah pelaku musik ini lantas jumawa. Dalam situasi seperti ini, para pelaku industri musik melakukan #AksiBaik dengan memanfatkan aset digital kepunyaan mereka.

Sejumlah musisi seperti The Panturas, Themilo, hingga kolektif pelaku musik Tanah Air seperti Suarpadma, Kolibri Records, Leeds Records, atau Noisewhore serentak melakukan #AksiBaik dengan menjadikan akun media sosialnya sebagai wadah pertukaran informasi terkait COVID-19. Hal itu ditandai lewat unggahan poster digital dengan tulisan 'WARGA BANTU WARGA'.

Belum diketahui siapa inisiator gerakan ini. Hanya saja, sejak kemarin, unggahan ini cukup sering muncul di fitur explore Instagram dan banyak dibagikan oleh teman-teman musisi Tanah Air.


Baca Ini Juga Yuk: Kolaborasi Dhira Bongs dan Grace Sahertian dalam 'Holiday Savvy'

Unit surf-rock The Panturas menyebut unggahan ini menandai dibukanya akun media sosial mereka sebagai posko informasi mitigasi dan penanggulangan COVID-19 versi digital. Selama beberapa waktu ke depan, warganet dipersilakan meninggalkan komentar atau saling memantau kolom komentar di Instagram The Panturas terkait informasi seputar COVID-19.

Pertukran informasi tersebut meliputi info narahubung rumah sakit, ambulans, donor plasma, oksigen, pemakaman, ketaksiapan menghadapi masa isolasi mandiri hingga bantuan keuangan, semuanya bisa dilakukan di laman komentar tadi.

Hal serupa juga dilakukan unit dream pop senior Themilo. Mereka mendedikasikan akun Instagram mereka menjadi posko komunikasi dan bantuan seputar COVID-19.

"Tag, mention atau DM kami untuk kami bagikan via instgram stories dan diarsip di highlight page ini (informasi seputar COVID-19)," tulis keterangan foto yang diunggah serentak kemarin.

Posisi para pelaku musik dari mulai musisi, label rekaman, serta kolektif dengan pengikut dalam jumlah cukup banyak di media sosial tentu menjadikan #AksiBaik ini berdampak positif. Para penggemar band-band tadi, atau pecinta musik akan merasa ‘diayomi’ dan diperhatikan oleh idolanya.

Komentar positif pun membanjiri unggahan 'WARGA BANTU WARGA' tersebut. Mulai dari apresiasi terhadap apa yang dilakukan musisi tersebut, hingga pertukaran info baik dari sesama penggemar musisi tersebut, atau dari manapun.

Di luar pertukaran informasi, #AksiBaik semacam ini juga seolah jadi perekat hubungan baik itu antar musisi dan penggemar, musisi dan musisi, antar sesama penggemar, dan seluruh masyarakat Indonesia. Sebab yang bisa kita lakukan saat ini ialah saling menguatkan.

Kendati demikian, para musisi dan kolektif seni tersebut menganggap ini sebagai upaya paling minim yang bisa mereka lakukan dalam situasi peperangan melawan COVID-19. Namun, bukan soal besar kecilnya, dalam kondisi seperti sekarang, rasanya informasi seminim apapun akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Semoga #AksiBaik ini juga bisa menjadi inspirasi bagi tiap pengguna media sosial, khususnya pengguna media sosial dengan jumlah pengikut yang besar. Jaga selalu dirimu di manapun kamu berada, ya!

Foto: Istimewa/Dok. Suarpadma & The Panturas (poster The Panturas oleh @dhiwankokoro)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler