Sentuhan KSP Bikin 'Kekagumanku' Jadi Lebih Enerjik

Bandung - Grup musik legendaris KSP memberi sentuhan baru pada lagu 'Kekagumanku'. Lagu ini merpakan karya Candra Darusman yang dirilis pada 1983 silam.

Bagi KSP, ‘Kekagumanku’ sebenarnya bukan lagu yang asing. Sebab, dalam beberapa pentasnya, mereka kerap membawakan lagu ini.

Namun, kini KSP merilis 'Kekagumanku' dengan versi berbeda dan merilisnya. Proses kreatifnya berjalan sejak November hingga Desember 2020. Selain berjalan lancar, penggarapan lagu ini diakui mereka berjalan mudah dan menyenangkan.

Sentuhan fusion dalam ‘Kekagumanku’ versi KSP terasa begitu menohok ketimbang versi aslinya. Sebagai pengingat, lagu ini juga pernah dibawakan solois Afgan dalam album kompilasi ‘Detik Waktu (Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman)’ pada 2018.

Namun, keberadaan lagu ini pada rilisan tersebut bisa dibilang tak begitu populer. Pendekatan musikalnya pun dibuat lebih modern, bahkan boleh dikatakan terlalu modern.

Di tangan KSP, ‘Kekagumanku’ terasa lebih hangat dan enerjik, tanpa menghilangkan ciri asli dari lagunya. Kehangatan musik terbentuk dari isian sesi brass yang dibalut lapisan bunyi dari kibor.

Irama khas fusion tabuhan drum dan iringan gitar juga menambah energi ceria dalam lagu ini. Belum lagi ‘liarnya' isian bass yang tersaji.

Aransemen musik yang terdengar padat namun tetap proporsional, bisa menjadikan ‘Kekagumanku’ versi KSP salah satu musik penyemangatmu. Belum lagi harmoni dua vokal yang berpadu, menjadikan lagu ini tak sekadar lagu romantis saja, tapi juga lagu berbobot secara musikal.

Baca Ini Juga Yuk: Blow Em Up, Rock Elektronik Segar ala XXX Impact

“Kekagumanku sebenarnya bercerita tentang kekaguman seseorang yang telah lama dipendam dan dia sadar cukup terlambat untuk mengungkapkan rasa yang dipendam tersebut. Hingga akhirnya, rasa yang dia pendam hanya menjadi kekaguman saja,” tulis KSP dalam keterangan resminya terkait interpretasi mereka akan lagu ini.

Rilis di bawah naungan Halaman Records, lagu ini diaransemen langsung Donny Herdanto yang merupakan arranger sekaligus kibordis KSP Band. Aransemen string diserahkan pada Dorry, kemudian dimainkan Kawan String Bandung.

Proses olah suara (mixing & mastering) diserahkan pada Ari Renaldi. Sedangkan Eksekutif Produser dipercayakan sepenuhnya pada Rahmat Gobel dan KSP Band sendiri.

Sebagai informasi tambahan, lagu ini merupakan lagu terakhir mendiang Marthin Saba yang meninggal dunia 7 Februari 2021. Saat meninggal tersebut, KSP sedang merencanakan membuat video musik dari lagu ini.

Untuk itu, sebagai bentuk persembahan untuk Martin, KSP akhirnya membuat video musik lagu ini menjadi cuplikan foto dan video selama ia tergabung dalam KSP Band. Videonya sudah bisa kamu tonton di kanal YouTube mereka.

Baca Ini Juga Yuk: 'Kangen' dan 'Risalah Hati' Dibawakan Ulang oleh Yura Yunita

Perilisan lagu ‘Kekagumanku’ diharapkan KSP bisa memberikan sumber kebahagiaan bagi semua yang mendengarkan, terutama di masa sulit seperti sekarang. Selain itu, lagu ini diharapkan menjadi pelepas rindu pendengar KSP. Sebab, terakhir mereka merilis album adalah pada 2011.

Untuk melepas rindu dengan pendengarnya, KSP juga menargetkan merilis tiga single dalam setahun ini. Selain itu, ada konser virtual yang khusus akan digelar. Jangan sampai terlewat ya, TemanBaik!

Saat ini, ‘Kekagumanku’ versi KSP sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan pemutar musik digital. Semoga bisa menjadi penyemangat buat hari ini, ya!


Foto: Dokumentasi KSP


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler