Empat Band Indonesia Bakal Tampil di ASEAN Music Festival 2021

Bandung - Sukses dengan gelaran perdananya pada 2020, ASEAN Music Showcase (AMS) Festival bakal hadir lagi tahun ini. Kegiatan ini menarik banget dan patut dinantikan.

Festival ini merupakan inisiatif membantu musisi di setiap negara agar tetap terkoneksi dengan pendengarnya. Selain itu, ini juga untuk mengenalkan mereka ke pendengar baru di tengah dampak pandemi COVID-19.

Digelar daring pada 11-12 September 2021, festival ini diselenggarakan Fungjai, NYLON Thailand, dan Bangkok Music City dari Thailand. Beberapa nama label rekaman seperti The Rest Is Noise PH dari Philippines, Steady State Records dari Singapore, dan City Roars Festival dari Malaysia juga turut jadi bagian dari acara ini.

Ada juga Baramey Production dari Kamboja, Monsoon Music Festival serta Swan Zoo dari Vietnam yang turut terlibat. Sama seperti gelaran edisi perdana, Indonesia diwakili SRM Bookings & Services untuk berpartisipasi.

Saat pertunjukan musik dan industri di seluruh dunia terkena dampak pandemi, ASEAN Music Showcase Festival mencoba menawarkan wadah alternatif yang layak. Wadah ini coba menghubungkan jaringan musik global ke Asia Tenggara, terutama bagi tujuh negara penyelenggara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Ditambah hadirnya Kamboja dan Vietnam pada, festival ini pada akhirnya memperluas jaringan para delegasi dan musisi lokal yang sedang naik daun untuk berpartisipasi.

Baca Ini Juga Yuk: Nuansa Jakarta 1970-an di Single Baru Compadres

Salah seorang pendiri AMS sekaligus Direktur Pendidikan, Kemitraan Pemerintah dan Luar Negri Thailand dan juga Co-Founder perusahaan musik Fungjai, Piyapong ‘Py’ Muenprasertdee, mengungkapkan keresahannya terkait pandemi dan industri hiburan. Ia berpandangan, ketimbang menunggu pandemi berakhir, ia dan para co-founder lain dari masing-masing negara, berinisiasi membantu musisi lokal untuk lebih proaktif dan menawarkan musik mereka kepada para pencari bakat dari seluruh dunia.

“Akibat pandemi ini, banyak showcase dan festival di seluruh dunia terpaksa diselenggarakan secara daring. Keuntungannya, para artis tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perjalanan dan akomodasi untuk bergabung. Keuntungan ini juga berlaku bagi para profesional di industri musik, musisi internasional, dan pencari bakat. Mereka dapat memanfaatkan jaringan internet (daring) ini, sehingga hal ini menjadi peluang baru para musisi yang layak diekspos,” terang Py dalam keterangan resminya.

Baca Ini Juga Yuk: Tertunda 5 Tahun, Muchos Libre Rilis Album 'Rock Datang Bulan'

Selain festival yang menampilkan musisi-musisi di ASEAN, festival ini juga menghadirkan Online Speed Meeting pada 13 September 2021 atau sehari setelah acara penampilan. Perjumpaan virtual ini bertujuan memberikan peluang berjejaring antarmusisi pendatang baru dan para profesional di industri musik global.

Sebagai informasi, 24 musisi bakal tampil dan saling kenalan di festival ini. Seluruh musisi terbagi dari tujuh negara ASEAN yang terlibat dalam AMS 2021. Indonesia diwakili empat musisi, yaitu Eleventwelfth, Guernica Club, Irama Pantai Selatan, dan Sunwich. Patut dinantikan nih penampilan musisi-musisi tanah air di festival ini!

TemanBaik, jangan lewatkan ASEAN Music Showcase Festival 2021 pada 11 dan 12 September mendatang di kanal YouTube mereka, ya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengakses situs resmi mereka di aseanmusicshowcasefestival.com.


Foto: ASEAN Music Showcase Festival


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler