Musik Pop and Soul Unik ala Sivia di Album 'Camellia'

Bandung - Sivia Azizah atau lebih dikenal Sivia, kembali merilis album mini. Bertajuk 'Camellia', album ini berisi lima lagu bernuansa musik dan suara berkarakter khas Sivia.

Sivia sendiri dikenal sebagai penyanyi beraliran pop and soul dalam setiap karyanya. Album pertama bertajuk 'Love Spells' pada 2020 sukses menjadi ajang perkenalannya di industri musik.

Pada album 'Camellia', dua lagu sebenarnya sudah dirilis lebih dulu, yaitu 'Are You My Valentine?' dan 'Serene'. Sedangkan tiga lagu lainnya merupakan karya baru.

Album 'Camellia' dibuka lagu berjudul sama dengan albumnya. Lagu pembuka ini hanya menggunakan vokal akapela syahdu. Lagu ini menjadi pembuka yang manis. Uniknya, kumpulan lirik dari lagu yang nanti ada pada album ini juga bisa didengarkan pada lagu pembuka.

“Jadi gini, suka banget kalau misalkan punya album gitu yang ada intro-nya, jadi yang kayak semacam opening yang ringan aja gitu, untuk membuka kira-kira mood-nya akan begini loh di dalam, ini cuma depannya aja gitu,” kata Sivia.

Baca Ini Juga Yuk: Ombak Banyu Asmara, Kapal Megah Terbaru Milik The Panturas

Pada urutan kedua dan ketiga, ada 'Are You My Valentine?' dan 'Serene'. Kedua lagu ini menghadirkan warna baru bergenre pop and soul yang dihadirkan Sivia.

Tempo lambat dan syahdu, musik pop and soul manis, dan suara Sivia yang merdu saling melengkapi pada lagu ini. Penggalan lirik '...berdua kita ciptakan nyaman, melangkah tanpa rencana...', sangat menggambarkan lagu ini dengan baik.

Lalu, dalam 'Serene', ciri khas musik Sivia yang selalu menghadirkan kor di dalamnya kembali muncul. Coba deh TemanBaik perhatikan, lagu ini jadi menghadirkan warna baru dibanding lagu-lagu pada album sebelumnya.

Sivia mengakui musik pada album barunya punya referensi lebih banyak dibanding album sebelumnya. Sehingga, eksplorasi Sivia dalam musik pop and soul semakin banyak dan luas.

“Masuk ke album mini ini, kayak mencoba kulik-kulik musisi Eropa, yang sejujurnya jauh banget rasanya udah jelas beda. Kalau misalkan kita dengerin kayak 'oh, ini musisi Amerika, oh ini musisi Eropa', udah jelas beda total gitu,” tutur Sivia.

Pada lagu keempat dan kelima, ada 'Butterfly' dan juga 'Lifeline'. Salah satu keunikan dihadikan pada 'Butterfly' yang mengandung tempo dan musik lebih ceria. Mendengarkan lagu ini, TemanBaik akan merasa berbunga-bunga dan tentunya menaikkan mood juga. 'Butterfly' ini cocok didengarkan bagi yang sedang senang dan bahagianya karena jatuh cinta.

Baca Ini Juga Yuk: Obati Kerinduan, Bangkutaman Luncurkan Album 'Dinamika'

Pada akhir album, lagu 'Serene' mengembalikan kesyahduan suara Sivia yang berkarakter dan manis. Lewat lirik '...kau sedihku, kau ego terbesarku, tapi satu, kau pulangku...” menjadikan lagu ini menyentuh hati.

Uniknya, lagu-lagu pada album mini ini berjudul bahasa Inggris, tetapi keseluruhan liriknya berbahasa Indonesia. Album mini ini juga jadi penegas Silvia bukanlah musisi pop and soul membosankan. Eksplorasi musik yang dilakukan Sivia tanpa meninggalkan karakternya, tentu menjadi warna cerah di dunia musik Indonesia.

Penasaran dengan album mini 'Camellia'? Kamu bisa mendengarkannya di berbagai platform musik digital mulai Jumat, 17 September 2021. Selamat mendengarkan ya, TemanBaik!


Foto: Dokumentasi Sivia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler