‘Delight’, Pilihan Lagu Pop Fusion Buatmu dari Seqouia

Bandung - TemanBaik, unit jazz fusion Sequoia Projects merilis single baru bertajuk ‘Delight’. Lagu ini mengingatkan pada instrumental pop fusion di pertengahan dekade 2000-an.

Mengusung gaya pop fusion dengan sedikit nuansa city pop, lagu ini sebenarnya sudah ada sejak 2006. Menariknya, saat itu lagunya masih berjudul ‘Banyumas Delight’ dan masuk ke dalam Kompilasi Jazz Masa Kini yang dirilis Aksara Records saat itu.

“Lagu 'Delight' ini sebenarnya lagu remake dari lagu di Kompilasi Jazz Masa Kini yang dirilis oleh Aksara Records tahun 2006. Dulunya lagu ini berjudul 'Banyumas Delight',” ungkap Bemby Gusti terkait perilisan lagu ini.

Meski tak mengisahkan secara spesifik ke mana hilangnya kata Banyumas dalam rilisan terbarunya, tetapi ‘Delight’ seolah jadi referensi musik city pop yang menarik untuk disimak. Mendengarkan musik Sequoia, rasanya seolah ada asupan baru soal city pop yang tak melulu bertempo cepat dengan material aksen singkup gitar tegas atau synthesizer menohok.

Baca Ini Juga Yuk: SEL Bangkitkan Memori Musik Industrial 90-an Lewat 'Relikui'

Secara musikal, ‘Delight’ menampilkan melodi gitar dominan sejak awal hingga akhir lagu. Dari sekian banyak band yang punya karya dengan pendekatan instrumental dan sentuhan jazz fusion, beberapa materi lagu Ecoutez! dalam album Ekute (2006) bisa dijadikan perbandingan.

Pemilihan langgam vokal, nuansa melodi gitar, hingga synthesizer praktis akan membawa ingatan pendengarnya pada lagu-lagu pop fusion era tersebut. Praktis, warna city pop yang mereka proklamirkan boleh jadi terbentuk dari tabuhan drum Bemby.

Selebihnya, ‘Delight’ berpotensi jadi lagu membosankan jika tak menampilkan harmoni vokal. Meski terkesan disetel seolah vokal latar, namun itu cukup membantu menjaga imajinasi pendengar.

Oh ya, sentuhan vokal latar ini juga nyaris menipu di awal komposisi karena identik sekali dengan pendekatan intro musik SORE. Namun, saat melodi gitar masuk, ciri Sequoia kembali pada dirinya sendiri.

Buat kamu yang belum kenalan, Sequoia adalah proyek musik yang sudah lama berdiri. Pada 1999, mereka sudah aktif bermusik dan membawakan lagu top 40. Band ‘reguler’ di kafe ini sempat merasakan panggung bergengsi seperti di PL Fair 2000 dan manggung di RCTI pada masa yang sama. 

Baca Ini Juga Yuk: Gebrakan Musikal Revolt of Sand dalam Album Barunya

Digawangi Menuk (vokal & MIDI), Bemby Gusti (drum & MIDI), Orliando (gitar), Dudi Prastowo pada (bas & vokal), serta Dimas K pada (kibor & MIDI), mereka memilih identitas Sequoia dari nama pohon yang dikisahkan memiliki usia panjang yakni pohon Seqouia.

Pada 2003, perjalanan band ini harus terhenti karena seluruh personelnya memilih jalan menjadi session player, sedangkan Bemby Gusti saat itu bergabung dengan SORE.

Setelah 22 tahun dari awal kariernya, ‘Delight’ hadir di bawah naungan SRM Booking & Services. Bemby Gusti bertindak sebagai produser dalam proses kreatif lagu ini.

TemanBaik, saat ini single ‘Delight’ dari Sequoia Project sudah bisa kamu dengarkan dalam berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mengapresiasi dan bernostalgia dengan sentuhan lawas namun tetap segar!


Foto: Dokumentasi Seqouia/Foto oleh Rakasyah Reza


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler