'Pemain', Curhatan & Country Blues Riang ala Ijay Irawan

Bandung - Musisi dan solois asal Bandung, Ijay Irawan, baru saja merilis single berjudul 'Pemain (Nikmati Saja)'. Single keempat dari musisi blues dengan tampilan ikonik ini menyajikan sesuatu yang kontras dibanding tiga single sebelumnya.

Sebelumnya, buat kamu yang belum kenal, Ijay Irawan telah merilis tiga single berjudul 'Play a Drama', 'Beda', dan 'Unreasonable'. Ketiga single ini menampilkan musikalitas Ijay yang kental dengan sentuhan blues dan distorsi gitar.

Nah, pada single keempat berjudul 'Pemain (Nikmati Saja)', Ijay nampil dengan pendekatan musik minimalis dan fokus pada instrumen yang dimainkannya, yaitu gitar. Secara musikal, 'Pemain (Nikmati Saja)' menampilkan gaya country blues dengan sedikit unsur rock.

Sekilas, lagu ini mengingatkan pada lagu-lagu balada country lawas dekade 1980-an. Namun, lirik dan pembawaan yang segar menjadikan lagu ini begitu relevan dengan situasi saat ini.

Oh ya, soal cerita dari balik lagunya, musisi yang juga tergabung dalam band Voodoo Dolls ini mengisahkan 'Pemain (Nikmati Saja)' secara umum adalah gambaran seseorang atau dua insan dalam hubungan romansa yang disebut dengan istilah 'Pemain'. Dari liriknya, ia seperti mengisahkan bagaimana dua insan saling memadu kasih, tapi keduanya membiarkan momen demi momen dilewati mengalir begitu saja.

"Lagu ini terinspirasi dari cerita pengalaman teman-teman. Ini sih cuma iseng aja, dari cerita-cerita teman dan kisah-kisah yang saya baca di medsos," ucapnya.

Baca Ini Juga Yuk: ‘Delight’, Pilihan Lagu Pop Fusion Buatmu dari Seqouia

Gaya bernyanyi yang lebih eksploratif ketimbang tiga single sebelumnya, sentuhan slide pada melodi gitar yang dimainkan, serta minimalisnya aransemen musik menjadikan lagu ini mudah akrab di telinga. Apalagi, isi lagunya mungkin dialami banyak kawula muda.

Lirik menggelitik pada lagu ini juga menjadi nilai lebih. Agak sulit mengisahkan ulang lagu ini. Hanya saja, jika kamu mendengarkan dan mengamati liriknya, kemungkinan besar ada keterikatan dengan pengalaman pribadimu.

Proses kreatif pembuatan lagu ini memakan waktu lumayan lama. Ijay mengisahkan dirinya sampai berpindah-pindah studio saat merekam bagian tertentu dalam komposisi musik ini. Ia juga menggandeng seniman Kapten John Martono dalam pembuatan sampul atau artwork single ini.

Penasaran dengan lagu ini? TemanBaik, saat ini 'Pemain (Nikmati Saja)' sudah bisa kamu dengarkan pada berbagai layanan pemutar musik kesayanganmu. Selamat mengapresiasi!


Foto: Dokumentasi Ijay Irawan


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler