Jafro Megawanto Raih Emas Ketujuh untuk Indonesia

Jakarta - Indonesia berhasil menambah perolehan medali emas dalam ajang Asian Games 2018. Emas ketujuh ini berhasil diraih oleh Jafro Megawanto dalam cabang olahraga paralayang untuk nomor ketepatan mendarat (KTM) putra.

Jafro memperoleh catatn dengan nilai terbaik dari 33 atlet yang bertanding di arena paralayang Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor pada Kamis (23/8).

Sebelumnya, Jafro juga telah menyumbangkan emas bersama tim paralayang Indonesia pada nomor ketepatan mendarat beregu putra pada Rabu (22/8) lalu.

Jafro sukses membawa pulang medali emas kedua untuk nomor perorangan setelah berada di posisi teratas selepas melewati 10 round. Dengan begitu, tim paralayang Indonesia telah mempersembahkan dua medali emas dan satu perak pada Asian Games 2018 ini.

Sempat Menjadi Tukang Lipat Parasut

Sebelum menjadi atlet profesional, pria kelahiran 18 Maret 1996 ini pernah menjadi tukang lipat parasut atau yang dikenal dengan sebutan para boy. Jafro menjadi para boy saat usianya 13 tahun dan mendapatkan upah sebesar Rp 5 ribu rupiah. Ia menjadi para boy untuk menambah uang saku sekaligus mempelajari olahraga paralayang sedikit demi sedikit.

Saat masih menjadi para boy, hampir setiap hari Jafro menyaksikan atlet paralayang beraksi di Batu, Malang, Jawa Timur.  Hal tersebut membuatnya bermimpi jika suatu hari nanti ia juga bisa melayang di udara seperti para atlet yang dilihatnya.

Setelah dua tahun menjadi para boy, Jafro kemudian ditawari oleh Yosi Pasha, manager tim paralayang saat itu untuk bergabung dalam latihan. Ia tak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan menerima tawaran Yosi.

Sebelum mengikuti kompetisi, Jafro rupanya harus melewati 40 kali terbang agar menambah jam terbangnya di udara. Di level nasional Jafro sudah menyumbangkan satu medali emas saat bertanding dalam ajang PON 2016 untuk kontingen Jawa Timur. Satu tahun kemudian, ia juga mengikuti Paradigling Accuracy World Cup 2017 di Kanada dan meraih juara dua.


Foto: Antara Foto/INASGOC/Tagor Siagian

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler