Tiga Mahasiswa Kedokteran Unpad Juara Lomba di AMSA Internasional

Bandung - Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran meraih juara pertama lomba online social campaign yang diadakan Asian Medical Students Association (AMSA) Internasional. Tim itu terdiri dari Rafa Fathia Suhud, Annisa Dewi Nugrahani, dan Satria Angga W. AMSA merupakan organisasi yang mewakili mahasiswa kedokteran di Asia, Asia Pasifik, dan sekitarnya.

Dalam lomba itu, tema yang diangkat adalah The World Antibiotic Awareness Week. "Campaign ini diinisiasi oleh World Health Organization (WHO) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai penyalahgunaan antibiotik," kata Rafa kepada BeritaBaik. Awareness week itu diadakan pada 12-18 November lalu.

"Konten campaign yang kami buat memiliki tagline #LetsBuildOurSENSE #ForAntibioticResistance. Bertujuan untuk menyadarkan global community untuk lebih sadar akan bahaya penyalahgunaan antibiotik dengan lebih meningkatkan ‘SENSE’ mereka," jelasnya.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Eqi Buana, Wisudawan Unpad yang Juga Lulus S2 di Jepang

Rafa juga menjelaskan, timnya membuat beberapa konten seperti poster, video animasi, video, dan challenge snapgram. Video dengan judul ‘A Wish’ yang berdurasi dua menit itu bercerita tentang seseorang yang berharap agar ia melakukan pencegahan agar tidak terkena resistensi antibiotik namun sudah terlambat. Sedangkan konten lain yang bernuansa biru, berisi penjelasan tentang singkatan SENSE,  penjelasan dokter tentang resistensi antibiotik, riset terbaru, dan kuis teka-teki silang.

Rafa dan dua kawannya tergabung dalam organisasi AMSA Unpad, kemudian mereka berinisiatif mengikuti lomba tingkat internasional ini. "Proses seleksinya pertama melalui AMSA Unpad, diteruskan ke AMSA Indonesia, lalu ke AMSA Internasional," ucap Rafa.

Rafa mengaku, ini adalah pertama kalinya mereka mengikuti lomba di kesehatan publik AMSA. "Online campaign ini salah satu cabang lomba yang jarang ditemui, jadi belum terlalu ada bayangan. Alhamdulillah langsung bisa jadi juara, itu pengalaman yang luar biasa," ucapnya.


Kredit foto: Instagram @amsaunpad

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler