Keren! Mahasiswa ITB Jadi Juara Ilustrasi Buku Anak Tingkat ASEAN

Bandung - Aurora Arrazi adalah mahasiswi Seni Rupa dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2015. Ia mencatat prestasi gemilang, yaitu meraih juara pertama dalam kategori Rising Star Award di ajang ASEAN Children's Book Illustrator ICCRF 2018 di Kota Chiang Mai, Thailand, baru-baru ini.

Karya ilustrasi yang dibawa Aurora kompetisi ilustrasi tingkat Asia Tenggara itu berjudul 'Kina'. Inti dari ilustrasi itu menampilkan seorang anak yang terkena penyakit malaria. Anak itu berjuang untuk menyembuhkan penyakitnya dengan tanaman obat tradisional bernama kina.

Melalui gambar itu, ada pesan mendalam yang disampaikannya. Tuhan menciptakan sesuatu dengan manfaat besarnya bagi manusia. Ilustrasi 'Kina' sebenarnya sudah dibuat lama. Tapi, karya yang ada menurutnya bisa dimanfaatkan untuk hal positif, bukan hanya menjadi pajangan.

"Enggak sekedar karyanya, bisa dimanfaatkan buat hal-hal lain, seperti self publishing, kompetisi, pameran," kata Aurora di laman resmi ITB.

Baca Ini juga Yuk: Tiga Mahasiswa Kedokteran Unpad Juara Lomba di AMSA Internasional

Di ajang tersebut, Aurora juga menemukan manfaat besar. Ia bisa bertemu dengan ilustrator dari negara lain. Hal itu jadi ajang bertukar ide, inspirasi, hingga mendapat referensi baru dari ilustrator lain untuk membuat karya-karya selanjutnya.

Aurora sendiri tidak menduga kesukaannya menggambar sejak kecil bisa membuatnya berprestasi di tingkat Asia Tenggara. Ia pun membagi tip bagi siapa pun yang ingin berkarya apa pun itu. Apalagi jika karya yang dihasilkan berasal dari kesukaan terhadap sesuatu.

"Jika kalian punya kesenangan atau hobi, coba cari wadah untuk menyalurkannya dan tahu apa yang mau dibuat. Biar enggak sia-sia apa yang disukai dan enggak cuma sekedar hobi. Dari kesukaan bisa saja menghasilkan sesuatu," jelasnya.

"Coba cari kesempatan-kesempatan juga dengan apa yang sudah dibuat biar karya enggak cuma sekadar jadi karya. Mungkin dipamerkan atau publish sendiri atau ikutkan kompetisi yang bisa menguntungkan buat diri sendiri. Ikuti kesukaan kamu dan bikin sesuatu," tutur Aurora.

Foto: www.itb.ac.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler