2 Mahasiswa Berprestasi UNY Dapat Laptop & Beasiswa ke Korea

Yogyakarta - Saat kunjungannya belum lama ini ke Gunungkidul, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid memberikan apresiasi kepada para mahasiswa UNY yang berprestasi yang mana berasal dari golongan masyarakat kurang mampu.

Apresiasi yang diberikan mulai dari laptop hingga beasiswa mengikuti seminar internasional ke Korea Selatan. Apresiasi ini sekaligus melengkapi beasiswa bidikmisi yang selama ini telah diberikan pihak UNY kepada mereka.

"Sebagai bentuk apresiasi, kami membagikan laptop hingga beasiswa. Sebagai bentuk cinta kasih dan kebahagiaan kami kepada para mahasiswa yang telah berjuang untuk dirinya, keluarganya, dan almamater," ungkap Sutrisna melalui keterangan resminya di laman uny.ac.id.

Salah satu penerima apresiasi adalah Dika Andri Pradana, mahasiswa yang tengah menjalani studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman di UNY ini merupakan pegiat pelatihan pengelolaan desa wisata secara intensif kepada karang taruna di Dusun Gerjo Paliyan Gunungkidul.

Oleh Andri, sapaan akrabnya, anak-anak muda daerah tersebut dilatih bagaimana menyambut wisatawan, kiat-kiat menjadi pemandu wisata, Bahasa Inggris dasar, studi analisis hingga kajian bisnis terkait pariwisata.

"Atas kerja keras dan ikhtiar Andri memajukan pariwisata di tengah segala keterbatasannya. Guna memfasilitasi sekaligus memacu Andri meningkatkan prestasi tersebut, Andri diberikan laptop sekaligus beasiswa mengikuti seminar internasional di Korea Selatan," ujar Sutrisna.

Baca Ini Juga Yuk: Gita Ayudhia Fitriani, Duta Kampus yang Memiliki Sederet Prestasi

Andri sendiri pernah menyabet dua medali sekaligus dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Denpasar baru-baru ini. Satu medali emas kategori presentasi, dan satu medali perak kategori poster.

Sutrisna menjelaskan kegiatan seminar di Korea Selatan yang diikuti Andri akan dilangsungkan sekitar bulan April atau Mei 2020. Di sana Andri diminta menggali ilmu sekaligus mempresentasikan apa yang sudah diteliti dan dilakukannya untuk mengembangkan pariwisata di Pindul dan Paliyan. Harapannya, praktik yang ia lakukan di Gunungkidul dapat dicontoh oleh masyarakat internasional.

"Kami juga berharap, Andri bawa ilmu dari Korea untuk diterapkan di Gunungkidul. Karena Gunungkidul ini potensinya sangat kaya. Perlu pemikiran dari SDM cerdas seperti Andri," terangnya.

Selain Andri, mahasiswa lainnya yang mendapat apresiasi dari pihak kampus adalah Yuli Dwi Saputri. Ia juga memperoleh apresiasi laptop. Alumni SMKN 2 Wonosari ini telah mencetak banyak prestasi di tingkat regional hingga memiliki nilai akademis yang tinggi.

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Elektro UNY ini memperoleh beasiswa bidikmisi hingga akhirnya bisa berkuliah di UNY.

"Saya terharu waktu diberi laptop dan ditanya oleh Pak Rektor semalam mimpi apa. Pak Rektor seperti sinterklas, dan saya sangat bersyukur serta bahagia atas pemberian ini," beber Yuli.

Melalui apresiasi yang diberikannya, Sutrisna berharap kepedulian UNY kepada anak-anak seperti Andri dan Yuli dapat menjadi contoh dan dorongan bagi mahasiswa lainnya. Agar para mahasiswa terus serius belajar, berkarya, dan berprestasi.


Foto: uny.ac.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler