Memetik Makna dari Kesuksesan Peparnas di Tanah Papua

Jayapura - TemanBaik, Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 sudah resmi berakhir pada Sabtu (13/11/2021). Penutupan dilakukan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Mandala, Jayapura.

Pada ajang olahraga tertinggi bagi atlet disabilitas ini, Papua keluar sebagai juara umum. Kontingen Papua meraih 294 medali dengan rincian 124 emas, 85 perak, dan 85 perunggu. Posisi kedua ditempati Jawa Barat dengan 256 medali, masing-masing 101 emas, 85 perak, dan 70 perunggu.

Peringkat ketiga ada Jawa Tengaj yang meraih 215 medali dengan rincian 88 emas, 55 perak, dan 72 perunggu. Posisi keempat ditempati Kalimantan Selatan dengan torehan 123 medali (39 emas, 41 perak, dan 43 perunggu) dan kelima Sumatera Utara yang mendapatkan 74 medali (27 emas, 32 perak, dan 15 perunggu).

Jokowi pun mengucapkan selamat kepada Papua. Sebab, selain sukses menjadi tuan rumah penyelenggara, Papua juga sukses menjadi juara umum.

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Papua yang telah sukses menyelenggarakan PON dan juga sukses menyelenggarakan Peparnas. Papua menempati tempat (klasemen) yang paling atas. Selamat," kata Jokowi dilansir dari laman Kemenpora.

Peparnas sendiri digelar 2-13 November 2021. Ajang olahraga ini berlangsung di Kota dan Kabupaten Jayapura. Di dalamnya mempertandingkan 12 cabang olaharaga. Atlet yang teralibat berasal dari 33 provinsi dengan jumlah 1.985 atlet.

Menurutnya, dengan kesuksesan menyelenggarakan PON dan Peparnas, ditambah raihan prestasinya, bukan hanya slogan 'Torang Bisa' yang layak disematkan pada papua, tapi juga 'Torang Hebat'.

"Selamat kepada para atlet, utamanya para atlet Papua yang telah menunjukkan prestasinya. Kesimpulannya bukan hanya torang bisam tapi torang hebat," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ia lalu memaparkan makna dan hikmah penting dari pelaksanaan Peparnas. Keterbatasan bukan halangan untuk berprestasi. Kuncinya, konsistensi dan kerja keras bisa jadi menghalau segala kesulitan, bahkan berujung prestasi manis.

"Melalui PON dan Peparnas Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita. Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan, dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan bangsa dan negara," jelas Jokowi.


Foto: Istimewa/Dokumentasi Kemenpora

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler