Pertama saat Pandemi, DBL 2021 Sukses Digelar dengan Penonton

Bandung - Liga Basket Pelajar terbesar Tanah Air, Honda DBL 2021, sukses digelar. Menariknya, West Java Series atau Seri Jawa Barat dari liga ini menjadi kompetisi non antar cabang olahraga pertama yang sukses digelar dengan menghadirkan penonton meski dalam jumlah terbatas.

Kompetisi berlangsung sejak 6 November 2021 di GOR Laga Tangkas Sport Jabar Arcamanik, Bandung. Sedangkan uji coba penonton terbatas mulai dilakukan dalam babak semifinal pada Selasa (16/11/2021) dan final pada Kamis (18/11/2021). Jumlah penonton maksimum yang hadir di tribun dibatasi 122 orang saja, itu pun dengan jarak antar penonton 2,5 meter dan mengenakan prokes ketat.

Secara umum, mengenai jalannya pertandingan, partai final Honda DBL 2021 menampilkan persaingan sengit antara SMA Trimulia Bandung dan SMA BPK Penabur Cirebon. Dua sekolah asal Jawa Barat ini harus berbagi gelar.

Pada babak final tim putri, SMA Trimulia Bandung keluar sebagai juara setelah melalui pertandingan sengit melawan SMA BPK Penabur. Mereka unggul tipis 61-55. Sementara itu, tim putra SMA Trimulia Bandung harus mengakui keunggulan SMA BPK Penabur. Mereka bertekuk lutut dengan angka 96-62.

Penerapan protokol kesehatan ketat tetap menjadi inti dari diizinkannya penonton yang hendak menyaksikan pertandingan ini. Dari berbagai prosedur yang telah ditetapkan DBL Indonesia, para penonton merasa aman dan nyaman selama menikmati pertandingan. Lewat keteranga resmi Honda DBL Indonesia, Kepala Sekolah SMA Trimulia Bandung, Teguh Juliawan menyebut Honda DBL adalah panggung yang luar biasa.

Baca Ini Juga Yuk: Sepak Bola Tangan ala Teman Daksa yang Makin Bergeliat

Ia menjabarkan unsur penting seperti protokol kesehatan yang diterapkan membuat dirinya nyaman sebagai kepala sekolah yang punya tanggung jawab atas keamanan dan keselamatan anak didiknya. Demikian pula jarak antar penonton yang disetel berjauhan, membuatnya merasa nyaman dan tidak begitu khawatir.

"Terima kasih atas kesempatannya, hingga kami bisa mendukung anak-anak secara langsung di venue,” terangnya.

Selain dukungan pihak sekolah, ada pula orang tua yang datang langsung ke lokasi untuk mendukung anak-anaknya. Ini jadi kerinduan tersendiri bagi para orang tua yang biasa mendukung kegiatan atletik anak-anaknya secara langsung di lapangan.

“Senang akhirnya bisa nonton langsung di GOR, saya pribadi merasa aman melihat anak saya bertanding, area venue juga secara disiplin dibersihkan dengan disinfektan,” kata Yuliawati, orang tua salah seorang pemain SMA Trimulia Bandung.

Apresiasi dan Langkah Awal
Babak final Honda DBL 2021 sendiri dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Usai pertandingan, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengapresiasi suksesnya gelaran Honda DBL 2021 sebagai kompetisi pertama yang digelar dengan uji coba penonton terbatas.

“Ketika DBL Indonesia menghadap, alhamdulillah situasi COVID-19 di Jabar sedang surut. Sehingga, saya motivasi agar melalui event Honda DBL bisa membuktikan bahwa pertandingan olahraga harus bisa memperlihatkan prokes ketat kalau ingin penonton diizinkan. Jadi, apa yang dilakukan DBL di Jawa Barat ini ternyata juga bisa. Akhirnya perlahan-lahan seiring waktu selama itu protokol kesehatan ketat dan berjalan baik, pasti bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Selain itu, Emil juga menyambut baik segala bentuk turnamen olahraga, khususnya yang digelar di Jawa Barat. Menurutnya, makin banyak kompetisi, maka makin banyak prestasi yang diraih insan olahraga.

Di sisi lain, CEO & Founder DBL Indonesia Azrul Ananda menjelaskan, uji coba penonton pada pelaksanaan Honda DBL Seri Jabar ini tak lepas dari dukungan otoritas setempat, dalam hal ini Pemprov Jawa Barat. Fasilitas dan pendampingan yang didapat membuat Honda DBL Seri Jabar sukses jadi percontohan penyelenggaraan event olahraga dengan penonton.

Baca Ini Juga Yuk: Lukas Enembe, Stadion Termegah Kedua di Indonesia

Ia juga menghaturkan terima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kemenkomarves, Kemenpora, Kemenkes, serta Kemendagri yang telah mempercayakan uji coba penonton pada Honda DBL. Ia berharap acara ini ini jadi langkah awal buat Honda DBL ke depannya terkait penyelenggaraan event olahraga di tengah pandemi.

”Terimakasih khusus pada Gubernur Jawa Barat, Kang Emil, berkat dukungan beliau Honda DBL Seri jawa Barat adalah kompetisi pertama sejak PON yang ada penontonnya, menurut saya ini sesuatu sangat penting, kelak kita akan mengingat Honda DBL dan kompetisi lain berjalan normal, kompetisi basket pertama dengan penonton ada di Jawa Barat,” pungkas Azrul.

Kesuksesan Honda DBL 2021 tentu jadi angin segar bagi pecinta olahraga Tanah Air. Yuk, sama-sama berdoa agar pandemi segera berlalu, dan kita bisa menikmati sajian olahraga walau harus dengan adaptasi ekstra. Tetap semangat dan salam olahraga!


Foto: Rayhadi Shadiq/Beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler