Bangga, Tari Gandrung Asal Banyuwangi Tampil di Amerika

Banyuwangi - Banyuwangi dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki ragam seni dan budaya. Hal itu juga membuat Banyuwangi terkenal di dunia internasional. Salah satu yang membuat publik luar terpincut adalah Tari Gandrung.

Tari Gandrung berhasil mencuri perhatian hingga mendapat undangan tampil di Amerika Serikat pada 7 Juli 2018 lalu dalam ajang Remarkable Indonesia Fair. Acara ini digelar oleh Kementrian Luar Negeri untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan dunia usaha Amerika Serikat terhadap Indonesia.

Bukan hanya kali ini saja, Tari Gandrung sebelumnya telah tampil dalam berbagai acara internasional, seperti di Malaysia, Jepang, Hongkong, hingga Prancis.

Dengan tampilnya Tari Gandrung di Amerika bisa dijadikan sebagai pemacu semangat bagi masyarakat Indonesia untuk terus menjaga dan mengembangkan potensi seni di daerahnya masing-masing.

Tari Gandrung sendiri telah ditetapkan sebagai 'Warisan Budaya Bukan Benda' oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2013 lalu. Setiap tahunnya, Pemkab Banyuwangi selalu menggelar atraksi kolosal Festival Gandrung Sewu yang diikuti oleh lebih dari seribu penari Gandrung. Kalau kamu penasaran ingin melihat tariannya, kamu bisa menjadikan festival tersebut sebagai destinasi wisata tujuan kamu TemanBaik.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler