Karya Unik Etza Meisyara, Mencetak Lukisan dalam Pelat Tembaga

Bandung - Seniman Etza Meisyara menggelar pameran berkonsep unik di Lawangwangi Creative Space Bandung. Sebanyak 25 karya seni grafis yang biasanya dicetak di atas kertas kini ditampilkan dalam material logam.

Karya-karya dua dimensi Etza ini memuat gambar-gambar figur dalam bentuk bayangan atau siluet orang-orang asing, imigran dari Timur Tengah, dengan tambahan corak abstrak mengisi dinding ruang galeri.

"Tembaga memiliki karakter yang kuat, shining, tetapi sisi harunya tembaga bisa berkarat karena oksidasi. Saya memilih karakter medium itu sebagai representasi atau wadah yang sublim," ujar Etza dalam rilis yang diterima BeritaBaik.

Selain itu Etza juga Dia menyajikan tiga karya instalasi seni berupa instalasi pengeras suara yang berisi rekaman-rekaman orang asing yang ditemuinya selama mengembara di Islandia, Inggris dan Jerman sejak dua tahun terakhir ini.

Putri kedua dari seniman Tisna Sanjaya ini banyak mengeksplorasi musik temati dan sangat kompeten memproduksi karya seni rupa kontemporer dengan kekuatan riset yang baik.

Karya-karya yang disajikan di dalam pameran bertajuk PASSING BY ini merupakan akumulasi dari proses kreatif melalui pengamatan langsung terhadap orang-orang asing,
imigran dan penyintas yang ditemuinya benua Eropa.

Kehadiran dua karya instalasi seni suara ini juga menambah artikulasi personal terhadap pengalaman sublimatif yang terurai pada rekaman orang-orang asing yang
ditemuinya selama melakukan perjalanan di Eropah. Ada juga karya video art yang menegaskan pokok soal dalam karya-karya yang dipamerkan.

"Perasaan melakoli itu dihadirkan untuk jadi kekuatan bagi saya dalam karya ini. Perasaan yang muncul dari proses mengamati kehidupan. Kemudian, menjadi sublimasi
pengalaman sebelum memutuskan untuk membuat karya," katanya.

Pameran ini memang banyak menyoroti persoalan rasa personal Etza yaitu sedih, bingung, keterasingan diri, personal territory border, kemegahan kota. TemanBaik bisa menikmati karya-karya Etza mulai 27 Juli hingga 26 Agustus 2018 di ruang galeri Lawangwangi Creative Space Jalan Dago Giri, Bandung.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler