Asyik! Koleksi Istana Bisa Dilihat di Galeri Nasional

Jakarta - Istana Kepresidenan memiliki banyak koleksi seni. Masyarakat yang belum pernah masuk ke area istana, mungkin penasaran dengan koleksi yang ada di dalamnya. 

Koleksi lukisan milik Istana Kepresidenan tersebut akan dipamerkan mulai tanggal 3-31 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta yang bertajuk 'Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia'. Koleksi yang dipamerkan didatangkan langsung dari lima Istana Kepresidenan, yaitu Jakarta, Bogor, Cipanas, Yogyakarta, dan Tampak Siring.

Selain beragam karya pelukis kondang, ada juga tiga kristal berbentuk piring dan vas bunga. Istana juga memamerkan empat buah patung karya Struble. Salah satunya adalah patung pemanah. Patung ini merupakan koleksi terbesar milik Istana Kepresidenan. 

Sebanyak 14 pemandu pameran akan turut berpartisipasi dalam pameran ini. Mereka berasal dari  mahasiswa jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia, mahasiswa Seni Rupa Institute Kesenian Jakarta, dan mahasiswa dari ITB Bandung. Watie Moerany, Kurator Pameran Koleksi Istana Kepresidenan mengatakan, guide pameran lukisan di Galeri Nasional merupakan tombak yang bersinggungan langsung dengan para pengunjung, karena itu benar-benar disiapkan untuk memandu para pengunjung yang hadir, khususnya wisatawan asing.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya juga menjelaskan, pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan dapat dijadikan sebagai ajang pariwisata. Menurutnya, pengunjung dapat melihat secara langsung lukisan yang sebelumnya tidak dapat dilihat oleh masyarakat awam. Oleh karena itu, hal ini menjadi tugas Kementerian Pariwisata untuk lebih mempublikasikan dan mempromosikan agar wisatawan datang ke Indonesia, khususnya mengunjungi pameran lukisan ini.

Menpar Arief Yahya berharap acara kebudayaan atau culture event seperti bisa membuat Indonesia semakin dikenal negara lain di berbagai belahan dunia.


Foto: instagram @galerinasional


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler