Seni DIY, Sulap Benda Bekas Jadi Baru dan Bermanfaat

Bandung - Mendekorasi ruangan di rumah, tidak melulu harus dengan barang-barang baru dengan harga yang mahal loh, TemanBaik. Dengan kreativitas, kamu bisa menyulap barang-barang bekas atau bahkan sesuatu yang nyaris kamu buang jadi sesuatu yang lebih bernilai.

Kreasi benda dan barang sendiri dikenal dengan sebutan Do It Yourself atau disingkat DIY. Selain mengasah kreativitas, konsep DIY juga dapat menyelamatkan lingkungan dari sampah. Sebelum membuang barang-barang yang tak terpakai atau bahkan barang kamu anggap sampah, tak ada salahnya TemanBaik pikirkan dahulu apa barang tersebut bisa digunakan kembali. Coba yuk!

Kotak Sereal
Kotak sereal bekas berbahan karton tebal yang kondisinya masih bagus dapat kamu manfaatkan menjadi tempat penyimpanan berkas. Kumpulkan 3-4 kotak sereal yang sama, gunting rapi bagian atasnya, kemudian bungkus dengan kertas kado atau kertas koran menggunkan lem. Setelah kering, susun kotak sereal yang telah dibungkus menyerupai rak. Lekatkan kotak tersebut dengan double tape. Voila! Rak penyimpanan berkas baru ala DIY bisa kamu miliki!

Berita foto: Dari Limbah Kayu Jadi Radio Unik dan Klasik

Kotak Sepatu
Kotak sepatu di rumahmu semakin banyak dan menumpuk? Ubahlah menjadi kotak kado. Cukup dengan menyediakan kertas kado dan lem saja. Bungkus kotak dan tutup kotak sepatu dengan kertas kado sampai seluruh bagiannya tertutup rapi kertas kado. Tunggu hingga lem mengering, kemudian kotak kado pun bisa kamu isi sesuatu dan berikan pada seseorang yang ingin kamu hadiahi. Jadi, kamu enggak perlu beli kotaknya lagi!

Kotak Kayu Buah
Panel kayu yang disusun berbentuk kotak biasanya kamu temui di pasar, atau ketika kamu membeli sayuran, telur dan buah. Nah, jangan buang kotak kayu tersebut! Kamu bisa menjadikannya meja dengan membersihkannya lalu memberikan kain pada bagian atasnya.

Selain meja yang unik ala rustic, kamu juga bisa menjadikan kotak kayu ini menjadi rak sepatu, dengan menambah kayu-kayu di bagian dalamnya, dengan begitu kamu bisa meletakkan koleksi sepatumu pada kotak kayu tersebut. Jika keadaan kotak kayu sudah tidak baik, kamu bisa melepaskan kayu panel dari paku kemudian menyusunnya sedemikian rupa menjadi hiasan dinding.

Berita foto: Libby Woodenart, Seni Melukis di Atas Kayu

Botol Bekas
Botol-botol berbahan plastik yang tebal juga dapat kamu manfaatkan menjadi tempat alat tulis atau pot tanaman. Untuk membuatnya menjadi tempat pensil kamu cukup memotong bagian atasnya, kemudian membungkusnya dengan kertas dengan motif yang disukai. Sementara untuk membuat pot tanaman, setelah memotong bagian atasnya, kamu bisa memberikan lubang-lubang kecil pada bagian dasarnya agar ketika disiram air bisa keluar.

Untuk melihat benda apa saja yang bisa kamu kreasikan, kamu bisa mencarinya di situ-situs DIY dan video di Youtube yang banyak tersedia di internet. Selamat berkreasi!



foto ilustrasi: Pexels.com






Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler