Hobi Memasak? Cobain Usaha Kecil-kecilan Bikin Katering Rumahan

Hobi memasak yang kamu tekuni bisa membawa kamu ke dunia bisnis loh, TemanBaik. Kamu bisa membuka bisnis kuliner sebagai salah satu peluang usaha yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Selain membuka kedai atau kafe, kamu juga bisa mencoba bisnis katering. 

Bisnis yang satu ini cocok sekali dijalankan oleh ibu rumah tangga ataupun para anak muda sebagai bisnis rumahan. Dengan begini, selain mendapatkan penghasilan, kamu juga dapat sekaligus menyalurkan hobi. Perhatikan juga beberapa langkah berikut, untuk memulai bisnis katering. Selamat mencoba, ya!

Persiapkan Modal
Sebagai langkah awal memulai bisnis katering, kamu bisa menjalankan dahulu usaha katering kecil-kecilan. Dana awal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, mungkin hanya sekitar Rp. 2 juta sampai Rp. 5 jutaan. Setelah itu, kamu bisa mengelola bisnis tersebut dan mengembangkannya melalui keuntungan yang didapat dari bisnis katering. Penggunaan peralatan dapur milik sendiri untuk memulai bisnis ini juga dapat dilakukan sebagai salah satu cara mengurangi pengeluaran. 

Pengalaman
Sangat disarankan untuk memiliki pengalaman di bidang katering. Pengalaman yang TemanBaik miliki di bidang katering akan menjadi bekal sekaligus pengetahuan yang dapat bermafaat untuk memulai bisnis katering kecil-kecilan. Jangan ragu juga untuk bertanya pada teman yang memiliki pengalaman serupa.


Lokasi
Katering adalah bisnis yang sebenarnya dapat dijalankan di manapun, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Tetapi, lebih baik memilih untuk menjalankan bisnis yang satu ini di lokasi yang ramai agar bisnis kamu dikunjungi dan dicari banyak orang. 

Manfaatkan Media Sosial
Agar jasa katering semakin dikenal banyak orang, kamu harus melakukan penyebaran informasi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Buatlah akun Instagram atau Facebook untuk membantu bisnis katering kamu. 

Gunakanlah nama merek dan promosi yang menarik perhatian. Kelola akun tersebut secara rutin dan berkesinambungan. Memang hal ini hasilnya tidaklah cepat, diperlukan kesabaran dan cara promosi unik yang berkelanjutan.

Tawarkan pada Teman
Sebelum menjualnya ke pasar, untuk memulainya, kamu bisa menginformasikan bisnis kateringmu pada orang-orang terdekat dahulu, seperti keluarga, teman dan tetangga. 

Berikan penjelasan mengenai keunggulan katering kamu, seperti kualitas bahan-bahan, rasa masakan atau harga yang bersahabat. Kamu juga bisa memberikan sedikit food tester, diskon atau harga khusus untuk promosikan bisnis kateringmu tersebut. 



Foto: Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler