Unik! Kulit Ceker Ayam Bisa Dibikin Jadi Sepatu Keren

Bandung - Pernah membayangkan bagaimana kulit dari ceker atau kaki ayam bisa dijadikan sepatu? TemanBaik mungkin sedikit mengerutkan dahi mendengarnya. Tapi, di tangan Nurman Farieka Ramdhany (23), kulit ceker ayam bisa disulap menjadi sepatu keren. Sepintas, motif dari sepatu-sepatu produksi Nurman dengan merk Hirka, justru terlihat seperti kulit buaya.

Butuh eksperimen sekitar 3 tahun hingga ia menemukan formula yang pas. Sehingga kulit ceker ayam akhirnya bisa memiliki kekuatan dan warna yang bagus.

Untuk pengolahan kulit ceker ayam sendiri butuh waktu hingga 10 hari, mulai dari proses pengawetan hingga pewarnaan. Setelah siap pakai, proses pembuatan sepatu handmade alias buatan tangan itu memakan waktu sekitar satu minggu.

Ide pemanfaatan kulit ceker ayam itu berangkat dari mirisnya Nurman terhadap satwa seperti ular dan buaya. Sebab, selama ini kulit ular dan buaya sering dipakai untuk dibuat menjadi kreasi sepatu, ikat pinggang, hingga tas.

"Ular atau buaya itu ketika sering dikuliti lama-lama akan habis (populasinya). Tapi tidak dengan ceker ayam ini, kita memanfaatkan limbah," ucap Nurman.


Ia sendiri mengambil ceker ayam dari pengepul yang mengumpulkannya dari restoran siap saji. Sebab, ceker biasanya tidak diolah oleh restoran ayam siap saji.

Sementara karena rumitnya proses pengolahan dan pembuatan sepatu dari kulit ceker ayam, ia membanderol harga Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta untuk sepatu wanita dan Rp 1-2 juta untuk sepatu pria.

"Kita mengejar konsumennya menengah atas untuk sepatu ini," ujar Nurman.

Ia pun hanya menjualnya di galeri di rumahnya di kawasan Regol, Kota Bandung. Selain itu, ia juga menjualnya secara online. Informasinya bisa didapatkan di akun Instagram @hirka.id dan @hirkastore.

Meski terbuat dari ceker ayam, Nurman menjamin kualitas dan ketahanannya. Bahkan, kekuatannya sama seperti sepatu kulit pada umumnya. "Untuk perawatannya juga normal seperti sepatu-sepatu (kulit) lainnya," tuturnya.

Untuk model sepatu, mayoritas dari produknya berjenis formal. Tapi, sepatu produknya juga cocok untuk dipakai dalam suasana santai atau sekedar berjalan-jalan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler