5 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

South Jakarta - TemanBaik yang sedang liburan di Jakarta, bingung mau berwisata ke mana, dan bosan dengan mal besar, kamu wajib banget nih dateng ke galeri-galeri seni ini. Tidak hanya bisa melihat karya seni, tapi kamu juga bisa belajar tentang seni tersebut. Apa saja sih, galeri seni yang ada di Jakarta? Yuk, simak tulisan berikut:

1. Art 1: Mon Decor
Art 1 atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Mon Decor, merupakan galeri seni yang sudah berdiri sejak tahun 1983 dan menjadi pionir dalam bisnis galeri seni di Jakarta. Galeri ini, berisi karya-karya seni berupa patung dan lukisan, dari para master seniman Indonesia zaman dulu, seniman modern, seniman kontemporer Indonesia, dan seniman mancanegara.

Pada tahun 2011, Mon Decor memperbarui konsep galeri seni mereka, menjadi museum pribadi, yang menampilkan koleksi Mon Decor sudah dikumpulkan sejak tahun 1983. Dalam Art 1 versi terbaru ini, terdapat Art Space (ruang seni) dan institut seni, yang bertujuan untuk mendukung seniman di Indonesia.

Kalau TemanBaik mau berkujung ke Art 1, biaya yang perlu disiapkan yakni Rp. 100.000 (umum), Rp. 75.000 (mahasiswa 18 - 22 tahun), Rp. 50.000 (pelajar 13 - 18 tahun), dan Rp. 150.000 (wisatawan mancanegara). Sedangkan anak kecil di bawah 12 tahun, tidak dikenakan biaya apapun. Galeri seni ini, buka dari Selasa sampai Minggu, dari pukul 10.00 - 18.00 WIB.

Lokasi:
Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Jakarta Utara 10720
Telepon: (021) 647-00168, (021) 647-00158
Email: info@mondecor.com

2. Museum MACAN
Sebagian dari TemanBaik, pasti sudah pernah dengar nama galeri seni ini. Pasalnya, pada peresmian pertama Museum MACAN, pada 4 November 2017, galeri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Museum MACAN yang merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, adalah sebuah galeri seni yang memberikan akses kepada publik untuk menikmati koleksi seni modern dan kontemporer yang berkembang di Indonesia dan seluruh dunia.

Ketika pembukaan pertamanya, Museum MACAN menampilkan karya seni dari Yaoyi Kusama, yang terkenal dengan 'Infinity Mirrored Room'. Setiap lima bulan sekali, galeri seni yang terletak di Jakarta Barat ini, memang selalu mengusung tema dan menampilkan karya seni dari seniman yang berbeda-beda. Saat ini, karya seni yang dipamerkan merupakan karya dari Arahmaiani, Lee Mingwei, On Kawara dan 'Pop and Beyond', yang berlangsung hingga Maret 2019. Tidak hanya tempat untuk melihat pameran seni, Museum MACAN juga memiliki ruang seni anak di mana anak-anak dapat bermain dan belajar membuat karya seni, serta terdapat aktivitas lain seperti wokrshop dan performance langsung dari seniman-seniman kontemporer.

Galeri seni ini, buka dari hari Selasa-Minggu dari pukul 10.00-19.00 WIB, dengan tiket masuk sebesar Rp.100.000 untuk dewasa, Rp.90.000 pelajar dan lansia +65 tahun ke atas dan Rp. 80.000 anak-anak usia 3 - 12 tahun.

Lokasi:
AKR Tower Level M
Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 15530
Telepon: (021) 2212 - 1888

3. Galeri Nasional Indonesia
Galeri Nasional Indonesia merupakan sebuah galeri seni milik pemerintah yang bertujuan sebagai tempat melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan koleksi seni rupa sebagai sarana edukasi, serta media peningkatan kreatifitas dan apresiasi seni. Galeri seni yang dikenal dengan nama Galnas ini, diresmikan pada 8 Mei 1999, di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat itu.

Galnas menampilkan koleksi-koleksi seni rupa berupa lukisan, patung, grafis, keramik, dan fotografi dari seniman-seniman di Indonesia, seperti lukisan karya Raden Saleh dan Basuki Abdullah. Untuk menikmati karya seni di Galeri Nasional Indonesia, TemanBaik tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis! Galeri ini buka pada hari Selasa-Minggu untuk pameran tetap dengan waktu berkunjung dari pukul 09.00-16.00 WIB. Sedangkan untuk pameran temporer, dibuka setiap hari dari pukul 10.00 -19.00 WIB atau menyesuaikan dengan jadwal pameran temporer yang sedang berlangsung.

Lokasi:
Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat 10110
Telepon: (021) 348 - 33954
Email: galeri.nasional@kemdikbud.go.id

4. RUCI Art Space
RUCI merupakan sebuah ruang seni yang didirikan dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran tentang seni dalam budaya Indonesia yang terus berkembang. Nama RUCI diambil dari bahasa Sansakerta yang berarti 'sumber cahaya' dan 'rasa' atau 'kegembiraan' yang menggambarkan ambisi para pendirinya untuk membagikan karya dan pengetahuan tentang komunitas kreatif yang ada di Indonesia.

Ruang seni yang berlokasi di Jakarta Selatan ini, membuka pameran dari berbagai macam aliran seni, seperti media baru, lukisan, fotografi, video, dan lain-lain. RUCI tidak mengenai biaya sepeser pun bagi masyarakat yang ingin berkunjung dan wisatawan dapat berkunjung setiap hari dari pukul 11.00-19.00 WIB.

Lokasi:
Jl. Suryo Blok S No. 49, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12180
Email: info@ruciart.com
Instagram: @ruci.art

5. Edwin's Gallery
Galeri ini sudah berdiri sejak tahun 1984 yang didirikan oleh Edwin Rahardjo. Hingga tahun 2017, Edwin's gallery sudah menggelar 205 pameran, karya seni yang ditampilkan terdiri dari lukisan, patung, new media, bahkan permadani.

Pameran tersebut merupakan hasil karya dari lebih dari 400 seniman yang berasal dari berbagai generasi. Beberapa seniman yang telah melakukan pameran di Edwin's Gallery, misalnya S. Sudjojono, Mochtar Apin, Affandi, Srihadi Soedarsono, Djoko Pekik, Sunaryo, Donald Friend, Rudolf Bonet, dan Le Mayeu .

Galeri seni ini tidak memungut biaya apapun bagi para penikmat seni untuk dapat menikmati karya seni dari seniman Indonesia dan luar negeri. Jam operasional dari Edwin's Gallery yaitu hari Selasa-Sabtu, dari pukul 10.00-17.00 WIB.

Lokasi:
Jl. Kemang Raya No. 21, Jakarta Selatan 12370
Telepon: (021) 719-4721


Foto: Instagram.com/museummacan

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler