Unik dan Imutnya Celengan Flanel di Bandung

Bandung - TemanBaik punya anak, adik, keponakan, atau lainnya? Mau bikin mereka gemar menabung sejak dini? Ada barang unik in  nih sebagai solusinya.

Benda itu adalah celengan flanel buatan Budi Susilo (36). Ia membuat beragam celengan dengan bentuk karakter tokoh kartun atau animasi. Total karakter celengannya pun sudah puluhan. Unik dan lucu loh TemanBaik.

Ada yang berbentuk karakter Tayo, Poli, serta beragam karakter lain yang sedang digemari anak kecil saat ini. Dengan celengan itu, si bocah bisa bermain. Tapi, di saat yang sama, mereka juga bisa memulai kebiasaan menabung.

Celengan itu berbahan dasar kardus. Setelah dibentuk sesuai pola, celengan itu ditempeli kain flanel hingga membentuk karakter sesuai yang diinginkan. Usaha celengan flanel itu ditekuni Budi sejak 2017. Semula, ia hanya membuat celengan itu untuk sang anak yang masih kecil.

"Waktu itu anak saya masih 4 tahun, suka jajan. Akhirnya kita buatkan dia media celengan supaya enggak terlalu banyak jajan," kata Budi saat ditemui di rumahnya di kawasan Babakan Sari, Kota Bandung, Selasa (19/2/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Salut, 24 Tahun Sudrajat Pikul Celengan Puluhan Kilogram

Meski niat awalnya ia ingin mengedukasi anaknya untuk gemar menabung, tapi hal itu justru berkembang. Akhirnya membuat Budi fokus menekuni usaha celengan flanel hingga kini.

Bahkan, model-model celengan banyak berasal dari permintaan sang anak. Hal itu justru menuai berkah. Sebab, celengan yang diinginkan sang anak juga disenangi konsumen.

"Sekarang rata-rata produksi per bulan 400 celengan, itu dengan berbagai model," ucap pria asal Sukoharjo itu.

Selain memenuhi pembelian dan pesanan perorangan, Budi juga sering memproduksi celengan untuk souvenir. Jika sedang banyak pesanan, ia sering memberdayakan warga sekitar, terutama pengurus masjid, untuk membantu pembuatan celengan.

Hal itu sejalan dengan misi yang ingin dijalankan Budi sejak awal. Ia ingin memberdayakan warga sekitar yang kebetulan tidak memiliki pekerjaan.

TemanBaik penasaran dengan harganya? Cukup terjangku kok. Harganya di kisaran Rp20-35 ribu. Tapi, ia juga bisa membuat celengan dengan bentuk sesuai keinginan konsumen. Soal harganya, itu akan disesuaikan dengan bentuk celengan yang dipesan.

Celengan buatan Budi sendiri sudah merambah ke berbagai daerah loh TemanBaik. Mereka yang memesan dan membeli bukan hanya dari Kota Bandung. Ada yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Untuk bisa membeli atau memesan celengan flanel itu, Budi lebih banyak menggunakan Instagram sebagai sarana promosi dengan akun @celenganflanelbandung. Di sana, kamu bisa mendapat beragam informasi, termasuk cara membeli.

Meski berbahan dasar kardus, celengan buatan budi cukup kokok kok. Tapi, TemanBaik harus tetap hati-hati ya agar celengannya tidak penyok atau rusak. Jaga juga agar celengannya tidak terkena air.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler