Unik! Produk-produk Populer Ini Disulap Jadi Hiasan Mini

TemanBaik pasti sudah sangat hapal dengan beragam produk di pasaran, termasuk kemasannya. Mulai dari mi instan, minuman teh dalam botol, makanan ringan, hingga pembasmi serangga.

Di tangan Marisa Haryati, beragam produk itu disulap menjadi versi mini. Ukurannya hanya beberapa sentimeter saja loh. Bahkan, jika diletakkan di telapak tangan, ukuran telapak tangan TemanBaik pasti lebih besar deh.

Sudah tak terhitung berapa produk yang dibuat menjadi versi mini oleh Marisa dengan merk Ini Kreasi tersebut. Sebab, ia selalu berinovasi menciptakan miniatur terbaru setiap bulannya.

Miniatur aneka produk itu dibuat menjadi hiasan magnet untuk kulkas, gantungan kunci, bahkan hingga anting. Kebayang enggak jika perempuan memakai anting dengan bentuk produk seperti mi instan atau galon air misalnya? Lucu deh!

Ide membuat miniatur itu berawal dari kesukaan Marisa pada miniatur. Ia pun sempat melihat miniatur produk buatan Thailand dan Jepang. Ia kemudian tertarik untuk membuat produk serupa, tapi yang dibuat versi mini adalah produk yang beredar di Indonesia.

Marisa kemudian mulai membuat produknya sejak 2013. Saat itu, semua dikerjakan secara mandiri. Bermodalkan printer, gunting, dan berbagai perlengkapan seadanya, ia akhirnya bisa membuat miniatur.

"Saya iseng aja, berdua sama suami kecil-kecil nyoba bikin tempelan kulkas. Itu dijualin ke teman, saudara, sama kenalan-kenalan," kata Marisa di Bandung, Rabu (27/2/2019).

Beberapa bulan berselang, ia memberanikan diri membuka stand pameran di salah satu mal di Kota Bandung. Dari situ, respon yang didapatkan sangat positif.

Usahanya pun secara perlahan berkembang. Kini, Ini Kreasi memiliki tiga tempat penjualan. Dua lokasi ada di Bandung masing-masing di mal Parijs van Java dan Cihampelas Walk. Satu lagi ada di Solo, tepatnya di The Park Mall.

Bahan dasar dari miniatur buatannya adalah art paper yang dilapisi bahan khusus agar tahan air. Sedangkan gambar dari produk miniaturnya adalah dengan menggunakan metode printing.

Ada juga yang menggunakan bahan resin dan dibuat cetakannya secara khusus. Itu biasanya untuk miniatur berbentuk seperti botol minuman.

Proses 'perakitan' sendiri dilakukan secara manual menggunakan tangan. Sehingga, butuh ketelitian dari para pekerja yang sudah dilatih. Sebab, proses 'perakitan' harus benar-benar presisi agar miniatur terlihat sempurna.

Tapi, kini Marisa tidak terlalu kerepotan. Sebab, ia sudah punya karyawan setelah usahanya semakin maju. Yang membuat repot biasanya saat ada pesanan dalam jumlah banyak. Sedangkan jumlah karyawan dan kapasitas produksi terbatas.

Sementara dari beragam produk Ini Kreasi, beberapa di antaranya cukup laris, misalnya miniatur mi instan, susu kemasan, dan minuman teh dalam botol.

"Biasanya produk yang laku di pasaran, di kita juga laku," tutur Marisa.

Berapa sih harganya? Cukup terjangkau kok TemanBaik. Untuk tempelan atau magnet kulkas dan gantungan kunci, harganya di kisaran Rp20-35 ribu. Untuk anting, harganya mulai dari Rp20 ribuan. Selain itu, ada juga beragam produk lainnya loh.

Jika TemanBaik penasaran tapi tidak bisa datang ke tempat penjualan, tenang, kamu bisa membeli secara online. Untuk segala informasi terkait produk itu, kamu bisa membuka akun Instagram @ini.kreasi. Intip yuk, siapa tahu produk kesukaanmu sudah ada versi mininya!
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler