6 Nilai Penting yang Bisa Dipetik dari Seni Teater

Bandung - Bagi TemanBaik yang suka teater pasti sudah tahu dong kalau setiap tanggal 27 Maret diperingati sebagai Hari Teater Sedunia. Hari Teater Sedunia sendiri dicetuskan oleh International Theatre Institute (ITI) pada tahun 1961.

Dalam pementasan teater terdapat banyak nilai-nilai penting loh. Selain itu, sebagai bagian dari seni, teater juga memiliki nilai kehidupan di masyarakat. Di Hari Teater Internasional ini, yuk kita lebih mengenal seni teater dengan mengetahui nilai-nilai penting yang terdapat di dalamnya.

Nilai Kehidupan
Dalam pementasan suatu teater, biasanya ditampilkan nilai baik dan buruk kehidupan, seperti nilai moral, budaya, sosial, pendidikan, kemanusiaan hingga nilai keindahan. Sehingga dapat kita ambil nilai-nilai tersebut sebagai pelajaran hidup.

Nilai Estetik
Nilai keindahan atau estetis dalam pergelaran teater merupakan akumulasi dari nilai-nilai yang ditampilkan pada penonton, seperti nilai emosional, intelektual, visual dan verbal.

Nilai Sejarah
Pertunjukkan teater juga memiliki nilai-nilai sejarah yang menuntun penonton untuk mengenali dan mengetahui peristiwa dan sejarah di masa lalu.

Nilai Budaya
Teater juga biasanya menonjolkan nilai budaya. Meliputi perilaku dramatis yang menggambarkan adat istiadat, perilaku dan kebiasaan-kebiasaan manusia di suatu daerah yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Nilai Religius
Nilai religius juga biasanya disampaikan pada penonton lewat pertunjukkan teater. Nilai religius ditampilkan lewat kehidupan yang beragam dan erat hubungannya dengan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. 

Nilai Seni
Konsep dasar seni terdiri atas dua aspek yakni aspek apresiasi dan kreasi. Beberapa konsep dasar seni teater meliputi keterampilan olah rasa, olah pikir, olah tubuh dan olah suara. Dalam pementasannya, teater memadukan seni sastra, seni peran, seni gerak, seni rupa, seni tari dan seni musik. 

Nah sekarang kamu sudah tahu apa saja nilai-nilai penting dari seni teater, yuk kita apresiasi dengan datang dan menikmati pergelaran teater di Indonesia bahkan mungkin dunia. Selamat Hari Teater Internasional ya TemanBaik.

Foto: Djuli Pamungkas
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler