Suka Seni Drama? Datang ke Festival Teater Cirebon 5 Yuk! 

Bandung - TemanBaik suka nonton pertunjukan teater? Pada tanggal 25-29 April 2019 ini bakal ada Festival Teater Cirebon 5 yang digelar di Gedung Kesenian Nyimas Rarasantang Cirebon. Bagaimana sih acaranya? 

Festival yang sudah digelar sejak tahun 2015 ini merupakan festival yang menghadirkan seni pertunjukan teater sebagai materi utamanya. Tahun ini tema yang diusung adalah 'Jejak Arifin C. Noer'.

Arifin C. Noer sendiri merupakan tokoh teater dan film papan atas Indonesia yang lahir dan menghabiskan masa kanak-kanak hingga remajanya di Cirebon. Semasa hidupnya, Arifin banyak menghasilkan karya yang mengangkat kehidupan rakyat kecil yang miskin dan terpinggirkan. 

"Dengan mengusung tema ketokohan Arifin C. Noer, kami berharap daya hidup berseni-budaya yang ditumbuh-suburkan almarhum bisa kami serap sebagai pembelajaran dan pendidikan," tulis Teater Tjaroeban, penggagas acara ini lewat keterangan resminya. 

Baca Ini Juga Yuk: Papermoon, Teater Boneka Asal Yogyakarta yang Mendunia

Pada gelaran Festival Teater Cirebon kali ini akan ada beberapa agenda yang meliputi pertunjukan teater, bincang budaya, wisata budaya, hingga anugerah budaya.  

Akan dihadirkan 11 pertunjukan teater dengan lakon karya Arifin C. Noer serta adaptasi dan rekonstruksi lakon karya Arifin C. Noer yang  disuguhkan oleh kelompok-kelompok teater dari Cirebon dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Sebut saja Teater Rantai Biru (Cirebon), Sunan Panggung (Cirebon), Studio Teater 50 (Indramayu), Teater Sariwang (Sulawesi), dan masih banyak lagi. 

Untuk anugerah budaya sendiri dihadirkan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dari Penkot Cirebon atas sumbangsih Alm. Arifin C. Noer melalui karya-karyanya yang baik secara langsung maupun tidak langsung telah turut mengharumkan nama Cirebon. 

"Penyelenggaraan Festival Teater Cirebon tahun 2019 ini diharapkan menjadi salah satu tonggak yang menandai peningkatan kebersamaan para pegiat seni budaya Cirebon, khususnya seni teater dalam berkolaborasi menciptakan momen-momen estetis yang bermanfaat di Cirebon," ungkap Teater Tjaroeban. 



Foto: Dok. Teater Tjaroeban 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler