Siap-siap, Festival Kebudayaan Yogyakarta Bakal Digelar Juli 2019

Bandung - TemanBaik tahu Festival Kesenian Yogyakarta? Setelah berlangsung selama 30 tahun lamanya, kini di tahun 2019 ini Festival Kesenian Yogyakarta resmi berubah nama menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Berubahnya nama festival tahunan kebanggaan warga Yogyakarta ini  didasari oleh kesadaran memelihara dan lebih ingin mengembangkan apa yang selama ini telah ada dan berkembang.

“Kita ingin lebih mengembangkan dan mengharapkan kebudayaan ini jadi bagian yang lebih luas,  karena tidak hanya bicara tentang kesenian tapi juga dengan yang lain,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Aris Eko Nugroho melalui keterangan tertulis yang diterima BeritaBaik.

Adapun tema yang diangkat festival yang rencananya digelar pada 4-21 Juli 2019 di Desa Panggungharjo, Bantul ini adalah “Mulanira: ruang|ragam|interaksi”. Tema ini memiliki makna kembali ke asal mula, apa yang sebelumnya ditetapkan, mengalami pergeseran yang menuntut kemampuan jawaban tiap generasi.

Baca Ini Juga Yuk: Bakal Ada Festival Layang-layang Internasional di Pangandaran

“Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 berupaya menjadi peristiwa budaya guna menunjukkan semangat dan karakter keterbukaan, keramahan,dan tepa selira,” jelas Paksi Raras Alit, Ketua Umum Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019.

Sebelum Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 resmi dimulai, pada 1 Juni 2019 ini bakal digelar terlebih dulu kegiatan pre-event yang bertajuk “Mulanira Malyabhara” di beberapa titik sepanjang Jalan Malioboro. Kegiatan ini dilakukan untuk mengartikulasikan Malioboro sesuai etimologinya Malyabhara, yang berarti jalan beruntaikan bunga.

Pada acara ini, nantinya akan ada aktivasi situs-situs publik berbentuk instalasi visual dan kegiatan-kegiatan publik di sepanjang Jalan Malioboro.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler