Ribuan Penari Bakal Tampil di Gandrung Sewu Banyuwangi

Banyuwangi - Pagelaran seni kolosal Banyuwangi, Gandrung Sewu siap digelar pada 12 Oktober 2019 mendatang di Pantai Marina Boom. Sebanyak 1.330 penari Gandrung lintas usia dengan busana yang menyala akan menampilkan keindahan tarian yang eksotis itu.

Mengambil tema Panji-Panji Sunangkara, sendratari di Gandrung Sewu akan bercerita tentang semangat membara Pangeran Rempeg Jagapati memimpin rakyat Banyuwangi melawan kolonial Belanda.

Lewat keterangannya di laman banyuwangikab.go.id, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan festival ini adalah semacam perayaan tahunan para penari Gandrung. Para penari yang turut serta akan menari dengan lincahnya membentuk beragam formasi indah.

Gandrung, kata Anas, adalah salah satu identitas budaya Banyuwangi yang telah mendunia. Tidak hanya menghadirkan sebuah acara saja, Gandrung Sewu ini digelar sebagai upaya regenerasi seniman tari di Banyuwangi.

"Setiap tahunnya, seniman cilik, muda, hingga paruh baya antusias menampilkan atraksi kolosal Gandrung Sewu untuk menunjukkan kebanggaan mereka terhadap budaya daerah pada publik global. Penari dari usia 6 hingga paruh baya semua menyambut event ini dengan suka cita," jelas Anas.

Selama bulan Oktober 2019 ini, beragam event lainnya juga siap meramaikan Banyuwangi loh. Sebut saja Festival Band Remaja (18 Oktober), Festival Gendhing Osing (26 Oktober), Banyuwangi Writing Festival (20 Oktober), Santripreneur Festival (20-22 Oktober), Banyuwangi International BMX (26-27 Oktober) dan lain-lain.


Foto: banyuwangi.asia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler