ROAR GAMA 4.0 Bakal Sajikan Kolosal Gamelan dan Musik Kekinian

Yogyakarta - Dalam rangka memperingati Lustrum ke-14 Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Dies Natalis Fisipol UGM ke-64, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM akan menyelenggarakan sebuah pagelaran kolosal gamelan yang dipadukan dengan musik kekinian dengan tajuk ‘Rhapsody of The Archipelago: Gamelan 4.0' (ROAR GAMA 4.0). Acaranya sendiri akan digelar pada 29-30 November 2019 di Gedung PKKH UGM dan Lapangan Grha Sabha Pramana UGM.

Najib Azca, sosiolog UGM yang juga menjadi ketua panitia ROARGAMA 4.0 menjelaskan, untuk mewujudkan perhelatan fenomenal dan kolosal ini, timnya menggandeng Ishari Sahida dan Sabrang Mowo Damar Panuluh sebagai mitra kreatif. 

Alasan dipilihnya gamelan dan 4.0 sebagai tajuk dari acara itu dikarena gamelan dianggap sebagai pemangku beragam elemen seni yang ditampilkan dalam repertoar tersebut untuk menunjukkan “daya hidup” gamelan dalam bergaul dengan berbagai unsur baru zaman modern.

“Gamelan bukan sekadar monumen mati yang hanya berbunyi saat ditabuh (dipukul). Gamelan merupakan wujud hidup spirit harmoni yang hadir secara elegan di medan dinamika dan dialektika zaman,” tutur Ishari Sahida sata konferensi pers. 

Noe, vokalis dari band Letto juga ikut memberikan tanggapannya tentang gamelan. Menurutnya kehadiran teknologi digital yang pesat dan disruptif saat ini tidak lantas membuat gamelan kehilangan relevansinya.

"Justru sebaliknya, membuka ruang baru bagi gamelan untuk bereksperimen dan membangun inovasi melalui kolaborasi tanpa batas," tuturnya. 

Baca Ini Juga Yuk: FFD 2019 Sajikan 15 Program dan Film-film Dokumenter Dunia

Pagelaran akbar ROARGAMA 4.0 ini direncanakan menjadi agenda tahunan di UGM dan dirasa sangat spesial, karena akan menampilkan lebih dari 200 talent dari berbagai disiplin seni, ilmu, serta kecakapan dengan mengadakan dua program utama sebagai rangkaian acara secara keseluruhan.

Program pertama adalah Workshop/Showcase yang dilaksanakan di Gedung PKKH UGM selama dua hari penyelenggaraan mulai pukul 13.00-17.00 WIB. Program ini akan menampilkan dua kelompok seni selama 30 menit. Lalu, setelah itu selama satu jam mereka akan melakukan workshop kolaboratif dengan para penonton yang hasilnya akan ditampilkan pada 30 menit terakhir.

Sedangkan program kedua yaitu Konser Gamelan 4.0 yang akan digelar pada 30 November 2019, mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai, dan bertempat di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM.

Konser berdurasi 2,5 jam non-stop ini diharapkan dapat menunjukkan bagaimana gamelan mampu memangku dan meramu seluruh elemen seni, terutama musik dan tari yang didukung oleh lebih dari 100 pengrawit gamelan, 100 penari, dan puluhan personel musisi dengan musik kekiniannya.

Adapun kelompok gamelan yang akan tampil di acara ini adalah kelompok gamelan Canda Nada dan Gayam16. Sedangkan musisi dan band lainnya yang akan turut memeriahkan acara ini di antaranya Letto, FSTVLST, Tashoora, dan Mantra Vutura. Sejumlah komposer juga ikut dilibatkan di acara ini, sebut saja Sudaryanto, Welly Hendratmoko, M.Sn., dan Anon Suneko, M.Sn. Tak ketinggalan pula penampilan para penari dari Pulung Dance Studio dengan koreografer Pulung Jati Rangga Murti. 

Nah, bagi TemanBaik yang ingin jadi saksi gimana sih epiknya kolaborasi dari musik gamelan dengan musik kekinian dari para penampil, buruan beli tiketnya di Sekretariat ROARGAMA 4.0 yang terletak di Gedung Fisipol UGM Unit 2, Lantai 2 Sayap Utara, Jalan Prof. Dr. Sardjito, Sekip, Yogyakarta. Tiket pertunjukannya dibagi menjadi tiga kelas yakni festival (50 ribu), silver (500rb), dan gold (1juta).

Foto: Hanni Prameswari/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler