Belajar Decoupage Bersama Nissa Nuraini

TemanBaik, adakah dari kalian yang sudah pernah mendengar kerajinan tangan decoupage, sospeso transparente dan sculpture painting? Beberapa istilah tersebut merupakan jenis kerajinan tangan yang mungkin masih belum populer bagi kita. Namun, tidak bagi sosok Nissa Nuraini, seorang perajin dan juga pegiat seni yang sudah menekuninya sejak 2008 lalu.

Perempuan dan ibu 2 anak yang lahir tahun 1983 silam ini, memfokuskan diri pada seni kerajinan tangan saja. Nissa Nuraini juga mendirikan Naturacraft sebagai wadah berkreasi. Ia pun menguasai tiga jenis seni kerajinan tangan yang terbilang jarang di Indonesia yaitu decoupage, sospeso transparente dan sculpture painting.

Pada perkembangannya, ketiga seni kerajinan tangan tersebut bisa dikatakan seni yang berasal dari wilayah luar nusantara. Namun, berkatnya, kini banyak orang di Indonesia dapat mempelajarinya tanpa perlu repot belajar ke luar negeri.

Penasaran enggak sih TemanBaik dengan ketiga seni kerajinan tangan tersebut? Yuk, simak obrolan Beritabaik bersama Nissa Nuraini berikut.(19/01/20)

Sejak kapan Kak Nissa menekuni seni kerajinan tangan ini?
Aku memulai ini dari tahun 2008, pernah vakum selama 5 tahun karena melahirkan anak kedua dan baru mulai lagi sekitar 2015.

Sebenarnya, apa aja seni yang Kak Nissa tekuni dan boleh dijelaskam sedikit untuk TemanBaik?
Jadi, aku itu menekuni 3 jenis handicraft sejauh ini. Pertama, adalah decoupage yaitu seni menempel potongan kertas atau tisu makan ke berbagai benda.

Kemudian, ada sospeso trasparente. Sebenarnya teknik yang digunakan sama seperti decoupage menempel bahan bakunya ke berbagai benda. Hanya saja, yang membedakan itu bahan bakunya dari plastik sospeso yang dipanaskan. Sehingga hasil akhirnya akan jadi tiga dimensi, beda dengan decoupage.

Baca Ini Juga Yuk: Keajaiban Sedekah Versi Pengusaha Fesyen Feny Mustafa

Kalau yang terbaru sih, seni yang aku kuasai itu sculpture painting. Ini adalah seni lukis tiga dimensi yang bahan bakunya pake pisau dan plester khusus yang berasal dari Rusia.


Foto: Youris Marcelina/beritabaik.id

Dari ketiganya, seni yang paling mudah untuk dipelajari untuk pemula yang mana Kak?
Sebenarnya, yang paling simpel dan murah itu decoupage dan sospeso. Bedanya, kalau sospeso itu bahan bakunya dari plastik sospeso, jadi dalam pembuatannya harus ekstra sabar saat menekan plastik sospeso agar menjadi timbul.

Kalau sculpture painting sendiri berarti memiliki tingkat kesulitan yang lebih susah, dibandingkan yang lain?
Sebenernya kalau dibilang susah sih enggak. Asalkan mau belajar semua orang pasti bisa, karena biasanya ada kelas-kelas khusus, mulai dari pemula yang belajar dengan ukuran yang kecil, sampai ke master class untuk yang tingkat intermediate.

Benda-benda apa saja sih yang bisa diaplikasikan pada seni decoupage dan sospeso?
Kalo decoupage sendiri, bebas aplikasinya, mau benda apapun bisa. Seperti contohnya dibuat di atas bahan kanvas. Kalau sudah jadi kelihatan seperti lukisan, padahal itu saat dibuatnya tidak sesederhana menempelkan tisu makan ke kanvas lalu dilem, pakai pernis dan tinggal di hairdryer. Kalo sospeso biasanya banyak ditemukan dan dijadikan dekorasi dinding. Jadi, banyak ditaruh dengan frame-frame gitu.


Foto: Youris Marcelina/beritabaik.id

Kalau menurut Kakak decoupage paling mudah dan murah, apa aja sih Kak bahan baku yang harus disiapkan, dan berapa budget yang harus dikeluarkan belajar membuatnya?
Sebenarnya dengan Rp40-50 ribu sudah bisa bikin kok. Bahan bakunya hanya tisu makan bergambar, lunch napkin atau cocktail napkin, kanvas bisa juga kayu, lem, kuas dan pernis saja bahan bakunya.

Kemudian bagimana cara membuatnya?
Pertama-tama kita dulu kanvas atau kayu sebagai alas. Kemudian potongan dari lunch napkin/cocktail napkinnya yang telah dibuat, di tempel dengan lem yang diaplikasikan menggunakan kuas. Kalau sudah menempel, tinggal kita keringkan dengan hairdryer. Jika sudah kering, langkah terakhirnya tinggal dipoles pernis.

Bagaimana TemanBaik, cukup sederhana kan? Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang decoupage, sospeso ataupun sculpture painting. TemanBaik bisa kok, langsung belajar dengan Nissanuraini. Kalian bisa langsung mendatangi studio workshop miliknya, Naturacraft yang beralamat di Jalan Cipageran no 65, Cimahi. Selamat berkarya!

Foto: instagram.com/naturacraft

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler