Ultah ke-119 Bung Karno Diperingati Virtual, Yuk Tonton Malam Ini

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika 6 Juni merupakan hari lahir Soekarno yang merupakan Presiden pertama Republik Indonesia? Itu berarti, tepat pada 6 Juni 2020 besok akan diperingati sebagai hari lahir Bung Karno ke-119.

Sosok Bung Karno sendiri begitu dicintai banyak orang. Tak hanya Indonesia, Bung Karno juga dihormati dan dicintai hingga luar negeri.

Sebagai bentuk kecintaan pada Sang Proklamator, dua seniman Bandung akan memperingati hari lahir Bung Karno. Namun, pandemi COVID-19 yang belum berakhir membuat kedua seniman ini merayakannya dalam format virtual.

Mereka adalah seniman tari Gatot Gunawan dan artis pantomim Wanggi Hoed. Keduanya akan tampil dalam pertunjukkan 'Sukarno's Day 119th Virtual Performance'.

Pertunjukkan ini akan disiarkan langsung melalui akun Instagram @lokraofficial dan @wanggihoed pada 5 Juni 2020 pukul 24.00 atau tepat saat pergantian dari tanggal 5 ke 6 Juni 2020. Pertunjukkan ini tentu gratis dan siapapun bisa menyaksikannya.

"Kegiatan ini  secara khusus untuk memperingati hari lahir Bung Karno. Kita akan live di Instagram selama satu jam," kata Gatot kepada BeritaBaik.id, Jumat (5/6/2020).

Dalam pertunjukkannya, Gatot dan Wanggi akan tampil bersamaan. Sehingga, layar akan terbagi dua, satu menampilkan Gatot yang sedang menari, sedangkan satu lagi memperlihatkan Wanggi berpantomim. Keduanya pun sudah melakukan persiapan masing-masing untuk tampil malam nanti.


Adaptasi Seni
Tampil virtual melalui aplikasi menjadi cara yang dipilih Gatot dan Wanggi. Sebab, kondisi akibat pandemi COVID-19 saat ini tidak memungkinkan untuk membuat pertunjukkan di ruang terbuka, apalagi menghadirkan banyak orang.

"Mau enggak mau kita juga harus beradaptasi dengan kondisi sekarang," ucap Gatot.

Hal itu melatarbelakangi ia dan Wanggi merayakan hari lahir Bung Karno dengan pertunjukkan virtual. Itu berbeda dengan kebiasaan yang selama ini dilakukan.

Gatot sendiri sudah beberapa kali melakukan pertunjukkan di ruang publik untuk memperingati hari lahir Bung Karno, misalnya di Gedung Indonesia Menggugat dan Jalan Asia-Afrika.

"Tapi untuk sekarang enggak mungkin tampil di ruang publik. Makanya agar tetap berjalan, peringatan ini kita alihkan ke virtual," jelas Gatot.

Menurutnya, secara umum, kini para seniman juga sudah mulai banyak yang beralih ke virtual untuk beraksi. Bahkan, pada peringatan Hari Tari Internasional saat April lalu, para penari melakukan kegiatan sosial menari virtual sebagai sarana mengumpulkan sumbangan bagi warga terdampak COVID-19.

Tampil virtual, bagi Gatot sendiri memang terasa aneh. Sebab, selama ini ia terbiasa menari di ruang publik dan disaksikan penonton. Roh atau energi dari penonton yang hadir di depan mata secara fisik dirasakan kurang.

Namun, hal itu tak akan menyurutkan penampilan Gatot dan Wanggi untuk tampil maksimal dalam pertunjukkan nanti malam. Jika TemanBaik penasaran dengan penampilan mereka, tinggal tonton saja nanti malam ya!

Foto: dok. Lokra Official

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler