Menangkap Lanskap Kota Jakarta Lewat Karya Jyakaruta

Jakarta - TemanBaik, siapa tak kenal kota Jakarta? Sebagai ibu kota negara Indonesia dan pusat pemerintahan, tentu Jakarta banyak dikenal hingga ke mancanegara. Kota Jakarta menyimpan banyak hal menarik dan ceritanya tersendiri dari berbagai sudut. Mulai dari pemandangannya yang dipenuhi bangunan-bangunan tinggi, hingga orang-orang yang berjibaku dengan pekerjaan dan kerasnya hidup di kota Jakarta.

Kota Jakarta memang menyimpan banyak cerita dan kesan. Selain itu, banyak orang memvisualisasikannya dengan berbagai cara. Salah satunya akun instagram @jyakaruta yang belakangan ini  ramai menjadi bahan perbincangan di media sosial. Mengapa demikian? Karena akun tersebut menyunting berbagai foto pemandangan kota Jakarta dengan gaya kartun asal Jepang yang dikenal dengan nama anime.

Anime dikenal dengan berbagai macam gaya visual, tapi Jyakaruta memfokuskan pada visual yang terinspirasi dari karya-karya Makoto Shinkai, pembuat animasi, film, dan seniman kartun asal Jepang. Ia terkenal dari karya film animasinya yang berjudul 'Your Name' atau dikenal juga dengan 'Kimi no Na wa' pada 2016 lalu, dan yang terbaru ada film animasi yang berjudul 'Weathering with You' atau dikenal juga dengan 'Tenki no Ko' pada tahun 2019.

Dengan gaya visual animasi yang khas tersebut, Jyakaruta terinspirasi mencoba menyulap beberapa hasil foto pemandangan kota Jakarta. Hasilnya menakjubkan dan sangat menarik loh, TemanBaik. Kota Jakarta lewat gaya  anime terlihat lebih berwarna memberikan kesan visual yang tenang dan menyenangkan ketika dilihat. Warna-warna yang manis dipadukan dengan beberapa ornamen visual khas anime menjadikan pemandangan kota Jakarta menjadi unik dan berbeda dari sebelumnya.



Baca Ini Juga Yuk: ARTJOG 2020 'Resilience' Resmi Dibuka

Dibalik akun instagram @jyakaruta, tentu ada orang yang selama ini menjadi pencipta dan kreator dari konten-konten visual tesebut. Ia adalah Sony Andrio Ranhas, pria yang telah membuat konten karakter kartun sejak 2012.

Sony baru memulai membuat konsep visual anime di Jyakaruta sejak Mei 2020. Terhitung dari Mei 2020 hingga sekarang, akun instagram @jyakaruta telah diikuti oleh dua puluh satu ribu orang. Angka yang besar dalam rentang waktu hanya sekitar 4 bulan saja, loh. Terkait hal ini, Beritabaik.id berhasil mewawancari Sony lewat pesan singkat.

"Perasaannya pertama kaget sih, karena awalnya bener-bener iseng. Emang sih tujuannya biar karya saya dikenal, tapi ternyata proses nya sangat cepat, dalam waktu 2 minggu lebih udah nyampe 10 ribu pengikut, dan sekarang dalam 1 bulan udah hampir 20 ribu. Tentu pencapaian yang luar biasa. Sekarang saya senang dan tertantang untuk berkarya lebih baik lagi," ungkap Sony.

Sony juga mengaku memang telah menyukai hal-hal yang berasal dari negeri sakura tersebut.

"Pertama saya memang suka hal yang berbau Jepang dan anime khususnya. Kedua, saya sangat terinspirasi dengan anime karya Makoto Shinkai yang memiliki estetika gambar yang bagus dan mengambil latar yang memang ada di Jepang. Oleh karena itu, saya mencoba membuatnya dengan mengambil latar kota Jakarta," tutur Sony.

Sony juga bercerita tentang pemilihan foto-foto yang tentu tak semua dapat ia sunting menjadi bernuansa anime. Bila ia menemukan foto yang menurut ia cocok untuk disunting, tak lupa ia juga selalu menyertakan akun pemilik dari foto asli tersebut.

"Karena tujuan saya agar hasil penyuntingan terlihat seperti anime Jepang, maka biasanya foto yang cocok diantaranya foto gedung-gedung, halte bis, dan stasiun kereta atau MRT. Karena dengan menggunakan foto-foto tersebut akan lebih dapet rasa animenya," tambah Sony.

Nah, buat TemanBaik yang senang dengan gaya visual seperti anime Jepang, dapat ditengok karya-karya dari Sony lewat akun instagram @jyakaruta. Dijamin, TemanBaik akan melihat pemandangan dan suasana kota Jakarta yang berbeda dari sebelumnya, loh!

Foto: dok. Jyakurta


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler