Pameran Seni Daring dan 'Curhatan' Anak-anak untuk Pak Mendikbud

Jakarta - TemanBaik, dengan kondisi pandemi yang mengharuskan kita #DiRumahAja tentu akan menimbulkan kebosanan. Apalagi anak-anak atau adik kita yang masih berusia sekolah. Rutinitas selama di rumah saja yang berulang, semakin lama akan menimbulkan kejenuhan.

Tetapi, hal ini juga ada sisi positifnya loh, TemanBaik. Setelah selama beberapa waktu ini melaksanakan sekolah secara daring dan mengerjakan tugas-tugas yang ada, karena tak bisa bermain keluar, kita dapat mengajak anak-anak atau adik-adik kita untuk mengurangi kejenuhan dengan beraktivitas yang dapat menyalurkan hobi mereka, loh.

Salah satunya adalah berkesenian, baik seni rupa maupun seni musik. Nah selama di rumah aja, hobi berkesenian apa aja sih yang sudah mulai TemanBaik bersama anak atau adik kalian kerjakan?


Merespon hal tersebut, Ruru Kids mencoba untuk memfasilitasi hal ini buat TemanBaik. Ruru Kids mengelola program seni berbasis pendidikan yang menyenangkan, edukatif dan inovatif untuk anak dan remaja. Melalui lokakarya seni rupa, pertunjukan musik dan video, RURUkids mengundang seniman, praktisi seni, dan mentor-mentor profesional lintas disiplin untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang seni karya.

RURUkids x Anang Saptoto bersama jaringan komunitas seni budaya di Indonesia sejak Minggu (9/8/2020) mengadakan pameran daring yang diberi judul 'Jalin Sahabat 2020' pameran ini berisikan kartu pos yang telah terkumpul dari anak-anak berbagai daerah. Isi kartu pos ini adalah foto dan cerita menarik dari teman-teman yang nantinya akan dikirimkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, (Mendikbud) Nadiem Makarim.



Baca Ini Juga Yuk: Menangkap Lanskap Kota Jakarta Lewat Karya Jyakaruta

Pada pembukaannya di hari Minggu (9/8/2020), RURUkids lewat platform panggilan video daring Zoom menjelaskan maksud dan harapan dari pameran 'Jalin Sahabat 2020', lewat karya kartu pos dan cerita-cerita dari anak-anak seluruh daerah ini. Daniella Praptono sebagai perwakilan dari Ruru Kids juga menyampaikan semoga nantinya berbagai cerita dari anak-anak ini meski sekarang hanya bisa lewat daring dan virtual saja karena kondisi terbatas. Harapannya nanti Ruru Kids dapat bertemu dengan seluruh anak-anak yang telah berbagi cerita ini dan berkumpul bersama untuk bersenang-senang.

"Semoga acara ini bisa saling mendukung teman-teman yang ada di berbagai kota, mendukung adik-adik pelajar, bisa mewakili suara atau curhatnya adik-adik ke kak Menteri, supaya kak Menteri bisa paling tidak memahami apa sih sebenarnya yang sedang terjadi. Karena kan harusnya posisinya saat ini dia juga dekat ya sama para pelajar dan orang tua. Jadi, semoga ini bisa jadi sesuatu yang baik," ujar Daniella.

Buat TemanBaik yang ingin melihat hasil karya dari anak-anak ini, dapat diakses lewat rurukids.gudskul.art/jalinsahabat2020. Selain itu, ada pameran daring interaktif di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada tanggal 11, 13, dan 15 Agustus 2020 di jam 16:00-17:00 WIB lewat kanal YouTube RURUkids ya.

Untuk kamu yang masih merasa bosan dan bingung untuk berkegiatan bersama anak-anak atau adik selama di rumah aja, bisa dicek cerita dari teman-teman RURUkids ya. Siapa tahu nanti jadi terinspirasi untuk melakukan hobi atau kegiatan berkesenian yang sebelumnya tak sempat dilakukan. Mumpung ada waktu luang, yuk cek pameran daring 'Jalin Sahabat 2020' di pranala di atas ya!

Foto: dok. RURUkids

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler