Kilas Balik Jabar 2019-2020 dalam Pameran Foto 'ARKE'

Bandung - Galeri Foto Jurnalistik Antara dan Antara Foto Jawa Barat menggelar pameran foto jurnalistik 'ARKE - Kilas Balik Jawa Barat 2019-2020'. Pameran ini diselenggarakan di 23 Paskal Shopping Centre, Kota Bandung, Jawa Barat, mulai Senin (21/12/2020).

Pameran tersebut menampilkan 58 foto jurnalistik dari kurun waktu 2019 hingga 2020 dengan melibatkan 11 pewarta foto Antara yang bertugas di wilayah Jawa Barat. Pameran ini dijadwalkan berlangsung selama tujuh hari, dimulai pada Senin, 21 Desember 2020 hingga Minggu, 27 Desember 2020. Secara resmi, pameran tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat UU Nurzanu Ulum dan didampingi secara virtual oleh Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Ahmad Munir.

"Dalam kurun waktu 2019-2020, kami mengeksplorasi bumi pasundan dari hari ke hari untuk merekam segala keriuhan, keelokan, kesedihan, kegembiraan, dan warna-warni kehidupan dengan teguh memegang kode etik dan obyektivitas," kata Kepala Antara Biro Jawa Barat Zaenal Abidin melalui keterangan resminya.

Baca Ini Juga Yuk: 3 Hal Penting dari 'Sosiologi Sastra' Karya Sapardi Djoko Damono

Tidak hanya pameran foto, dalam kegiatan ini juga diluncurkan buku foto jurnalistik ‘ARKE – Kilas Balik Jawa Barat 2019- 2020’. Beragam peristiwa sepanjang dua tahun terakhir ditampilkan dalam buku setebal 228 halaman. Selain faktor keindahan atau estetika, pameran ini juga bertujuan untuk memberikan bukti bahwa foto jurnalistik masih tetap hadir untuk memberi pencerahan kepada masyarakat di tengah disrupsi komunikasi akibat perkembangan teknologi. Dan dengan mengedepankan profesionalitas dan idealisme, pewarta foto Antara Jabar mampu menghadirkan karya foto jurnalistik yang objektif demi kepentingan khalayak.

"Harapan kami tentunya pameran foto dan buku foto yang diluncurkan kali ini bisa berguna, bermanfaat, dan menjadi persembahan yang layak untuk masyarakat Jawa Barat khususnya para penggemar fotografi dan insan pers," kata Zainal.

Dalam kesempatan yang sama, Kurator Galeri Foto Jurnalistik Antara Ismar Patrizki mengatakan ada sebanyak 58 foto yang dihadirkan dalam gelaran pameran ARKE dan sebanyak 193 foto ditampilkan dalam buku. Selain itu, ia mengaku kalau ARKE yang kedua ini lebih unik dibanding pameran sebelumnya. Pemilihan tempat publik, yaitu pusat perbelanjaan, suata tantangan tersendiri dalam penyajiannya.

Sebagai bentuk respons ruang dan atmosfer pusat perbelanjaan, maka pemilihan medium cetak foto pun disesuaikan, yakni berupa akrilik transparan yang dapat dilihat dari kedua sisi serta mampu menyerap bermacam cahaya di sekitarnya. Medium tersebut dianggap tepat untuk pameran ini.

"Menyajikan pameran di tempat publik, dalam hal ini pusat perbelanjaan yang dinamika lebih kompleks, tentunya dibutuhkan suatu penyajian yang berbeda," ujar Ismar.

Kalau belum sempat mampir untuk melihat keindahan pameran ini, jangan khawatir sebab pameran foto jurnalistik ARKE – Kilas Balik Jawa Barat 2019-2020 masih dapat dinikmati secara virtual. Apabila kamu hendak mengunjungi pameran ARKE secara virtual, kamu dapat mengaksesnya lewat situs www.antarafoto.com.

TemanBaik, apabila kamu ingin melihat langsung pameran foto jurnalistik ARKE – Kilas Balik 2019- 2020, kamu dihimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, 3M saat hadir ke lokasinya. Ayo, jangan sampai terlewatkan ya!

Foto: dok. Antara Jabar/Adeng Bustomi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler