Menolak Menyerah pada Pandemi, Saung Angklung Udjo Bikin Lelang

Bandung - TemanBaik, Saung Angklung Udjo (SAU) selama ini dikenal sebagai tempat wisata dan pertunjukan seni yang keren di Kota Bandung. Nama SAU pun begitu harum hingga ke mancanegara.

Dulu, dalam sehari, pertunjukan angklung dan kesenian di sini bisa mencapai delapan kali. Ini demi menghibur para pengunjung lokal hingga asing yang berdatangan. Bahkan, dulu dalam sehari jumlah pengunjung bisa mencapai 2 ribu orang.

Namun, pandemi COVID-19 melanda sejak Maret 2020. Secara otomatis SAU pun jalan di tempat, bahkan diambang kebangkrutan. Sebab, tak ada pertunjukan yang bisa digelar. Kalaupun digelar, pengunjung takut untuk datang ke lokasi.

Alhasil, SAU 'mati suri' hingga kini. Ratusan pekerja seni dan pegawai di sana terpaksa dirumahkan karena tak ada pemasukan. Kegiatan latihan pun ditiadakan demi kebaikan bersama karena takut terpapar COVID-19.


Berbagai upaya dilakukan untuk membuat SAU tetap hidup. Namun, sejauh ini SAU tetap tak bisa kembali berlari seperti dulu. Jangankan berlari, untuk sekadar berdiri pun sulit.

Meski begitu, tak ada kata menyerah. Langkah demi langkah dilakukan meski hasilnya belum sesuai harapan. Mimpi besarnya satu, yakni bertahap SAU tetap bertahan dan secara bertahap bisa berdiri, berjalan, dan berlari lagi.

"Saya harus jujur, Saung Angklung Udjo memang dalam kondisi yang memprihatinkan. Meski prihatin begini, kita tetap semangat karena ada teman-teman yang bisa bersama-sama kita untuk bangkit," kata Direktur Utama SAU Taufik Hidayat Udjo.

Baca Ini Juga Yuk:
‘The Pursuit of Happiness’, Kerennya Karya Seni Bikinan Siswa SD


                                                                          Foto: Tangkapan Layar lelang.go.id

Bikin Lelang Barang
Salah satu langkah untuk membuat SAU tetap bisa bertahan adalah dengan menggelar lelang. Hal ini sempat menimbulkan polemik karena informasi yang serba terbatas.

Lelang ini dilakukan melalui platform lelang milik pemerintah, lelang.go.id, sejak beberapa hari lalu. Lelang akan ditutup pada 29 Juni 2021 pukul 10.00 WIB.

Dalam lelang ini, ada 13 produk yang ditawarkan. Barang yang termurah adalah angklung sarinade dengan nilai penawaran Rp238 ribu. Sedangkan yang termahal adalah satu set angklung orkestra dengan penawaran Rp13 juta.

Banyak yang beranggapan SAU melelang barang-barang yang selama ini dipakai untuk pertunjukan. Sehingga, hal ini dikawatirkan membuat SAU kelak akan benar-benar hilang.

Namun, SAU tetap akan diupayakan bakal selalu ada dan dilestarikan. Sebab, SAU merupakan aset bagi Indonesia. Jika SAU sampai hilang, pelestarian angklung bakal terancam.

Taufik pun memberi klarifikasi atas ramainya pemberitaan simpang-siur soal lelang barang SAU itu. Barang yang dilelang adalah adalah produk baru. Bahkan, produk itu baru akan dibuat setelah ada pemenang lelang. Jadi, yang dilelang bukan barang aset SAU, ya!

Proses pembuatan angklung ini membutuhkan waktu sekitar 14 hari. Produksi sengaja dilakukan mendadak untuk menjaga kualitas produk. Sehingga, pemenang lelang akan mendapatkan produk terbaik.

Lelangnya sendiri dilakukan bekerja sama dengan Kedai Lelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung. Pihak KPKNL mau bekerja sama melelang barang karena SAU punya kelebihan dan segmentasi tersendiri.

"Saung Angklung Udjo kita pilih karena segmentasinya ada keunikan dari sisi kultur dan kreativitas. Kita melihat Saung Angklung Udjo sangat berperan dalam pelestarian budaya Sunda, khususnya seni dan pertunjukan angklung," ujar Kepala KPKNL Bandung Palomes Tampubolon.

Lewat lelang ini, bisnis SAU diharapkan bisa tetap berjalan. Sehingga, SAU bisa mendapat pemasukan meski tidak bisa menggelar pertunjukan seperti dulu. Dengan begitu, kehidupan SAU diharapkan bakal terjaga. Yang tak kalah penting, melalui lelang ini, SAU dihatapkan bakal tetap bisa dilestarikan.

Cara Mengikuti Lelang
TemanBaik, lelang ini terbuka bagi siapapun, kok. Kamu juga boleh ikutan jika mau. Berpartisipasi melalui lelang ini bisa jadi bentuk kontribusi dan pelestarian SAU secara langsung.

Cara mengikuti lelang ini mudah. Pertama, kamu perlu masuk ke laman lelang.go.id. Jika belum punya akun, bikin dulu deh akunnya di laman tersebut.

Nah, untuk jadi peserta lelang, kamu perlu menyetorkan uang jaminan. Setelah itu, kamu bisa mengajukan penawaran untuk barang yang diminati.

Proses lelang bakal terus berjalan hingga 29 Juni 2021. Tepat pukul 10.00 WIB, lelang akan ditutup dan pemenang lelang bakal diumumkan.

Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler