Zulfikar Rivan Gabungkan Bisnis Digital dengan Perhotelan

Bandung - Anak muda kreatif ini lahir dan besar di Ternate, Maluku Utara. Namun bagi Zulfikar Rivan, Bandung menjadi rumah keduanya yang selalu membuatnya kangen.

Dengan alasan itu juga, cowok berusia 23 tahun ini memilih Bandung sebagai kota pertama dari rintisan bisnis hotelnya yang bertajuk Bobobox. Di sela aktivitas bisnisnya,  ia juga merupakan dosen di Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB yang juga menjadi almamaternya.

Zoel bercerita, Bobobox adalah wujud fisik dari model bisnis yang dirancangnya selepas merampungkan kuliah S-2 MBA - CCE ITB. Startup berbasis hospitality ini memilih Bandung karena berbagai pertimbangan. Selain dikenal sebagai pusat destinasi wisata dan belanja, saat ke Bandung para traveler juga butuh solusi akomodasi yang terjangkau dan semua kebutuhan terintegrasi lewat internet.

"Setelah 2 tahun menjalani riset, akhirnya saya merealisasikan bisnis hotel yang berbasis teknologi dan inovasi. Desain  hotel pods memang mengedepankan privasi, namun yang paling unggul, bisa memangkas biaya dan waktu dengan solusi teknologi internet," ujar Zoelfikar saat diwawancarai akhir pekan lalu.

Baca Juga: Canggih! Nginep di Pods Ini, Semua Diakses dari Ponsel

Ia bercerita, pods berbeda dengan kapsul hotel yang pertama kali hadir di Jepang sejak 1979. Selama beberapa tahun, ia menginovasi konsep hotel kapsul agar lebih praktis, private, dan semua kebutuhannya menggunakan platform digital. Di sisi lain, harga kamarnya cocok dengan kantong anak muda. 

"Istilahnya break and click, konsep bisnisnya dirancang, lalu ada wujud fisiknya. Nah Bobobox ini yang saya create sebagai hotel modern bagi smart traveler dan milenial adventure dengan dukungan kekuatan internet namun harganya sangat terjangkau," papar Zoel.

Ia mengatakan, menjalankan bisnis hospitality tak bisa jalan sendiri. Sejak awal merintis ia juga dibantu lima temannya dari berbagai latar belakang ilmu. Bahkan Bobobox dibuat secara bisnis franchise. Siapapun investor yang tertarik, bisa membeli linsensi kepemilikannya secara utuh.

"Dalam waktu dekat, saya akan memperluas bisnis Bobobox di sejumlah kota seperti Jakarta, Surabaya, Bali hingga Tokyo. Bahkan di tahun ini ada target penambahan 13 titik di berbagai kota di Indonesia hingga mancanegara," pungkasnya.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler