Ini Kiprah Susi Pudjiastuti untuk Kelautan Indonesia

Jakarta - Seperti yang kita semua ketahui, Susi Pudjiastuti adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Sosok wanita yang satu ini kerap memperjuangkan kedaulatan Indonesia dalam sektor perikanan. Ia juga tak gentar melakukan penindakan terhadap kapal-kapal asing pencuri ikan dengan hukuman penenggelaman.

Lantas, apa saja kiprah Ibu Susi dalam perikanan dan kelautan Indonesia? Berikut adalah beberapa aksi yang dilakukan beliau selama menjadi Menteri KKP yang bikin bangga Indonesia.

Tak Ragu Berantas Illegal Fishing
Memberantas illegal fishing di perairan Indonesia memang tidak mudah, ditambah lagi fakta kalau laut Indonesia memang kaya dan luas. Banyak faktor internal yang menghambatnya memberantas masalah tersebut. Tak sedikit juga kalangan petinggi negara yang mengecam aksi pengenggelaman kapal tersebut. Meski begitu, Ia tetap yakin untuk meneruskan niat dan tujuannya.

Kebijakan Baru
Sejumlah kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Susi kerap mendapatkan penolakan dari para nelayan. Banyak para nelayan di beberapa daerah di Tanah Air pun melakukan aksi demo dan meminta agar Ibu Susi mundur dari jabatannya tersebut.

Diserang Petinggi Negara
Sisi internal menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi Ibu Susi. Banyak kalangan petinggi negara yang mengecam aksi penenggelaman kapal yang dilakukan Ibu Susi. Bahkan banyak orang yang menanggapi penenggelaman yang di lakukannya dapat menimbulkan potensi terjadinya peperangan. Namun Ia tak mundur dan tetap yakin kalau upaya yang dilakukannya tersebut untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Baca juga: Karena Aturan Bu Susi Ini, Sampah Plastik di KPP Berkurang Loh

Sita Kapal Ilegal
Pada Rabu, 29 November 2017 yang lalu, Ibu Susi menangkap kapal ikan asing, Fu Yuan Yu 831. Penangkapan tersebut dilakukan atas dugaan melakukan penangkapan ikan secara ilegal. Fu Yuan Yu 831 sendiri merupakan kapal penangkap ikan dengan alat Gill Net berukuran 598 GT milik Fred Ho/Best Sea Food (ET) dengan Nakhoda Wong Zhi Yi bersama 21 ABK. Fu Yuan Yu 831 telah menjadi target operasi (TO) KKP sejak Bulan April 2017.

Berdasarkan penyelidikan, kapal tersebut telah melakukan beberapa kali aksi penangkapan ikan secara ilegal. Fakta ini didapat dari pengakuan para anak buah kapal berjumlah 21 orang yang terdiri dari 9 Tiongkok, 6 Indonesia, 3 Myanmar dan 3 Vietnam.

Ajak Bersihkan Sampah
Pada Hari Sabtu, 18 Agustus 2018, Ibu Susi mengajak warga untuk membersihkan sampah yang ada di laut dalam acara “Gerakan untuk Laut Indonesia yang Sehat” di kawasan Car Free Day (CFD), Jakarta Pusat.

Banyak ancaman yang dapat merusak laut Indonesia, seperti penangkapan ikan ilegal, sampah dan pengeboman ikan. Indonesia juga menyumbang sampah laut terbesar di dunia. Keberagaman spesies laut juga jadi terancam. Oleh sebab itu, Ia menegaskan semua pihak mempunyai tanggung jawab menjaga laut Indonesia.


Foto: Kkp.go.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler