Putri Handayani Bawa Misi Sosial Sambil Naik Gunung

Bandung - Putri Handayani merupakan pendaki gunung wanita yang aktif melakukan ekspedisi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ia rupanya sudah naik gunung sejak masih berusia 13 tahun, kala itu ia sudah menaklukan Gunung Sinabung.

Mendaki gunung seolah menjadi salah satu bagian dari hidupnya. Saat ini, Putri sedang menjalankan misi 7 summits, ekspedisi ke gunung-gunung tertinggi di dunia yang terdiri dari Puncak Kilimanjaro, Carstenz Pyramid, Elbrus, Aconcagua, Denali, Vinson Massif, serta Everest.

Hingga saat ini, Putri baru menaklukan 4 gunung dari 7 gunung yang akan didaki. "Baru selesai ke 4 gunung. Rencananya Mei 2019 baru akan lanjut lagi. Targetnya sih tahun 2020 selesai lah," ungkapnya.

Sering naik gunung membuat Putri tergerak untuk melakukan kegiatan sosial. Atas dasar kepeduliannya itu lah ia menggagas Jelajah Putri. Jelajah Putri adalah sebuah misi yang menggabungkan ekspedisi dengan pendidikan. Idenya sendiri terlintas dari banyaknya daerah-daerah terpencil yang membutuhkan bantuan namun tidak terjangkau oleh orang banyak.

"Saat pendaki melakukan ekspedisi, secara natural mereka kan berkegiatan di daerah tersebut. Jadi, sudah selayaknya mereka peduli dengan warga sekitar yang berada di wilayah pendakian," tutur Putri.

Baca Ini Juga Yuk: Tim Ekspedisi Ini Bacakan Sumpah Pemuda di 28 Puncak Tertinggi

Selain melakukan misi sosial, Putri juga mendirikan sebuah sekolah alam di Papua yang mengajak anak-anak di sana untuk mempelajari bidang sains hingga teknologi. Melalui sekolah tersebut, Putri ingin memperkenalkan apa yang bisa dipelajari di bidang tersebut kepada anak-anak sejak dini.

"Saya mengajari mereka hal-hal yang mudah dicerna dulu aja sih. Seperti bagaiman proses pembuatan pesawat, siklus cuaca, dan lain-lain. Tapi kita kemas dengan fun agar mereka juga tidak terlalu sulit untuk menyerap apa yang diajarkan," paparnya.

Berlatih Fisik di Tempat Kerja
Bekerja di sebuah perusahaan offshore membuatnya tak memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga, sebab sehari-harinya lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini berada di lepas pantai untuk bekerja. Karenanya, Putri menyiapkan waktu 12 jam seminggu untuk berlatih fisik.

"Karena susah nyari tempat latihan, saya kadang lari-lari aja di helipad. Sambil diselingi juga latihan angkat beban, yoga, push up, sit up, dan yang lainnya. Memanfaatkan apa yang ada di sana aja, jangan sampai malah enggak olahraga," paparnya.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler