Perjalanan Stan Lee, Sang Kreator Pahlawan Marvel

Bandung - Penggemar tokoh-tokoh Marvel tentu tak asing dengan Stan Lee. 'Bapak Marvel' ini meninggal dunia di usia 95 tahun pada Senin (12/11/2018). Selama beberapa tahun terakhir, pemilik nama asli Stanley Martin Lieber tersebut memang mengidap berbagai penyakit, salah satunya infeksi pada paru-paru atau dikenal dengan istilah pneumonia. 

Buat kamu yang belum tahu siapa itu Stan Lee, ia merupakan pecipta sejumlah karakter fenomenal seperti Captain America, Spiderman, Hulk, Doctor Strange. Selain itu ada juga Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-men dan banyak lainnya. Berikut BeritaBaik rangkum perjalanan karir Stan Lee di dunia 'pahlawan super'.

Penulis Komik
Stan Lee lahir di New York City pada 28 Desember 1922 dari keluarga imigran Romania. Dia merintis kariernya dengan bekerja untuk divisi komik Timely Publicantions, sebuah perusahaan yang kemudian berubah menjadi Marvel Comics. Pada usia 18 tahun, Lee menyandang jabatan sebagai editor komik.

Setelah bergabung dengan Angkatan darat AS selama Perang Dunia II, Lee kembali ke dunia komik dan bergabung dengan ilustrator Jack Kirby pada tahun 1960-an. Kemudian ia menciptakan Fantastic Four dan Spiderman disusul dengan tokoh-tokoh pahlawan super lainnya.

Jadi Cameo di Film Marvel
Hingga akhir hayatnya, Stan Lee telah tampil sebagai cameo di semua film Marvel. Jika diamati, Lee juga hadir dalam film ‘Avengers: Infinity Wars’, sebagai sopir bus. Secara keseluruhan semua film Marvel berhasil mendulang lebih dari US$ 20 miliar atau sekitar Rp 296 triliun. 

Penghargaan
Lee dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisnet Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Hall of Fame pada tahun 1995. Lee juga tercatat menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

Walt Disney Beli Marvel
Pada tahun 2009, direktur utama Walt Disney Company, Bob Iger membeli Marvel Comics dengan harga US$ 4 miliar atau sekitar hampir Rp 60 triliun. Iger menilai Lee merupakan sosok 'Pahlawan super dalam maknanya sendiri'. Bagi Iger, Lee memiliki imajinasi yang luas yang hanya dapat dilampaui oleh kebesaran hatinya. Selamat jalan, Stan Lee.

Foto: Instagram.com/ therealstanlee

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler