Ayu Budiyanti, Populerkan Jamu Indonesia Lewat Rahsa Nusantara

Kalau TemanBaik penggemar jamu, mungkin sudah tidak asing dengan Ayu Budiyanti. Perempuan yang satu ini adalah sosok di balik produk minuman alami Indonesia, Rahsa Nusantara. Bersama sang suami Hatta Kresna, Ayu meracik berbagai jamu dengan bahan-bahan yang terdapat di Indonesia.

Melalui Rahsa Nusantara, Ayu ingin mengampanyekan gaya hidup preventif. Mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit dengan bahan-bahan di sekitar kita.

"Indonesia kan negara tropis, rentan terhadap bakteri dan penyakit tapi alam juga sebenarnya sudah menyediakan solusinya. Solusinya di rempah-rempah yang hanya tumbuh di negara tropis," kata ibu dari tiga anak tersebut.

Perempuan yang sangat mencintai kearifan lokal Indonesia ini juga punya cita-cita sungguh mulia. Bersama Rahsa Nusantara, Ayu ingin melestarikan dan mengembalikan kejayaan rempah-rempah di Indonesia.

"Sekarang ini orang-orang kan lebih bangga dengan mengonsumsi produk luar negeri daripada produk sendiri. Nah Rahsa ini pengen mengubah mindset jamu yang kuno kalau sekarang itu udah lebih keren dan ini sesuatu yang harus kita lestarikan,” tutur Ayu.

Ayu dan suaminya tak hanya sekadar berjualan. Ayu berkomitmen untuk bertanggungjawab atas proses dan produk yang ia jual ke masyarakat. “Dengan local wisdom dan sustainable living, bertanggung jawab dengan seluruh limbah produksi. Seluruh limbah kami proses sebagai pupuk dan pakan ternak yang langsung dikembalikan ke petaninya,” ungkapnya.

Selain ingin mengangkat local wisdom dan sustainable living, Rahsa Nusantara juga mengusung nilai ‘empowering women and children’. “Tim kita kebanyakan perempuan juga. Menutut saya, satu orang perempuan dapat membangun satu negara. Sebab perempuan sangat berpengaruh banget. Aku ngerasa sendiri sebagai ibu. Gimana aku dapat memberikan pengaruh ke anak-anak aku,” kata Ayu.

Ayu juga berpesan agar perempuan Indonesia dapat lebih berdaya dan mencintai apa yang ada di Indonesia. “Perempuan-perempuan indonesia harus berdaya. Lebih cinta terhadap apa yang kita punya, enggak usah jauh-jauh ke luar Indonesia untuk mencari,” pesan Ayu.




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler