Tiga Srikandi Olahraga yang Bikin Bangga Indonesia

Bandung - TemanBaik sepakat kan jika perempuan adalah sosok yang hebat? Buktinya, banyak dari mereka mampu mendulang prestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Dari sederet perempuan yang berprestasi itu, BeritaBaik akan mengulas tiga srikandi olahraga yang membuat Indonesia bangga. Siapa saja mereka?

1. Lindswell Kwok
Lindswell merupakan mantan atlet wushu. Ia bahkan mendapat julukan sebagai Ratu Wushu karena deretan prestasi yang pernah diraihnya semasa aktif sebagai atlet.

Prestasi terakhirnya adalah meraih medali emas pada Asian Games 2018. Sebelum itu, Lindswell mengoleksi lima kali medali emas dalam Kejuaraan Dunia Wushu sejak 2009.

Di level SEA Games, si cantik ini juga merupakan peraih medali emas pada SEA Games edisi 2011 di Jakarta, 2013 di Myanmar, 2015 di Singapura, dan 2017 di Malaysia.

Lindswell pun memutuskan pensiun pada 2018 usai tampil di Asian Games. Ia berharap para juniornya mampu mendulang kesuksesan di masa depan dan mengharumkan nama Indonesia.

Baca Ini Juga Yuk: Ayu Budiyanti, Populerkan Jamu Indonesia Lewat Rahsa Nusantara

2. Debby Susanto
Sosok ini merupakan mantan pebulutangkis. Ia mengakhiri karir profesionalnya sebagai pebulutangkis di usia 29 tahun. Daihatsu Indonesia Masters 2019 menjadi laga terakhirnya di arena bulutangkis.

Per akhir Januari 2019, ia mengajukan surat pengunduran diri ke PB Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Ia ingin lebih fokus dengan keluarganya karena ia cukup sering dan lama meninggalkan keluarganya.

Dalam karirnya, Debby tergolong hebat loh TemanBaik. Ia mengoleksi gelar juara All England 2016 dan Korea Open 2017.

Belum cukup sampai di situ loh. Debby juga meraih medali emas pada SEA Games 2013 dan 2015. Ia juga pernah meraih medali perunggu pada SEA Games 2011 dan Asian Games 2014.

Baca Ini Juga Yuk: Pejudo Miftahul Jannah yang Bikin Viral Kini Beralih ke Catur

3. Liliyana Natsir
Sosok ini lebih dikenal dengan panggilan akrab Butet. Ia merupakan salah seorang pebulutangkis perempuan hebat yang pernah dimiliki Indonesia.

Tapi, Butet sudah mundur sebagai pebulutangkis profesional. Ia pensiun pada akhir Januari 2019 usai tampil di Daihatsu Indonesia Masters 2019.

Butet merupakan rekan ganda campuran Tantowi Ahmad. Deretan prestasi membanggakan pun sudah diraih pasangan yang sering disebut Owi-Butet tersebut.

Gelar juara All England tiga kali diraih secara beruntun pada 2012, 2013, hingga 2014. Gelar juara dunia juga diraih pasangan ganda campuran ini pada kejuaraan dunia bulutangkis di Guangzhou China pada 2013 dan Glasgow Skotlandia pada 2017.

Prestasi tertinggi pun sudah pernah digenggam, yaitu medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016. Seluruh gelar bergengsi sudah diraih, kecuali gelar juara di ajang Asian Games.

Sementara sebelum berpasangan dengan Tantowi, Butet berpasangan dengan Nova Widianto. Bersama Nova, Butet sukses meraih gelar juara dunia kejuaraan bulutangkis pada 2005 dan 2007. Mereka juga meraih medali perak di Olimpiade Beijing 2008.


Foto: Instagram @natsirliliyana, @debbysusanto, @lindswell_k

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler